Sukses

Cek Rekayasa Lalu Lintas Menuju Anyer Saat Libur Imlek 2022

Perencanaan rekayasa arus lalu lintas menuju Anyer dan sekitarnya sudah disiapkan Sat Lantas Polres Cilegon, mengantisipasi lonjakan wisatawan saat libur Imlek 2573. Jika ada lonjakan kendaraan wisatawan, maka kebijakan ganjil genap akan dilakukan.

Liputan6.com, Cilegon - Perencanaan rekayasa arus lalu lintas menuju Anyer dan sekitarnya sudah disiapkan Sat Lantas Polres Cilegon, mengantisipasi lonjakan wisatawan saat libur Imlek 2573. Jika ada lonjakan kendaraan wisatawan, maka kebijakan ganjil genap akan dilakukan untuk mengurangi kepadatan wisatawan.

Jika kendaraan dan wisatawan semakin banyak yang datang ke Anyer hingga Cinangka, maka arus lalu lintas menuju Anyer akan dialihkan oleh polisi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan dan penularan virus Covid-19.

"Karena kita masih level 2, tetap antisipasi apabila ada lonjakan wisata. Jika ada lonjakan, ganjil genap sama pengalihan arus. Sesuai Inmendagri pembatasannya," kata Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmodjo, melalui pesan elektroniknya, Senin (31/1/2022).

Kemudian, personel kepolisian berjaga di jalan menuju Pelabuhan Merak. Hingga Senin malam, 22 Januari 2022, pukul 21.00 WIB, kondisi arus lalu lintas dan kantung parkir di dermaga pelabuhan masih lengang.

"Masih (landai). Insya Allah normal. Pantauan di jalur bongkaran (jalan keluar pelabuhan) dan dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Merak tampak normal," dia mengatakan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contra Flow di Tol Tangerang-Merak

Di sisi lain, contra flow akan dilakukan di jalur tol Tangerang-Merak (Tamer) karena ada pelebaran jembatan Ciujung, tepatnya di KM 56+700 sampai KM 57+300 arah Merak dan Jakarta. Lajur 1 (kiri) yang diperuntukkan bagi kendaraan besar, dan kendaraan kecil berada pada lajur 2 (kanan).

Contra flow berlaku sejak 31 Januari hingga 18 April 2022. Masyarakat yang berkendara diminta untuk berhati-hati saat melintasi jalur tersebut.

Pelebaran jembatan dilakukan dua tahap, pada tahap pertama dilakukan penggantian eksisting jembatan arah Jakarta. Kemudian tahap kedua, perbaikan jembatan arah Merak.

"Titik tersebut adalah titik krusial bagi pengguna jalan, dikarenakan mereka akan merubah lajur nya menjadi berlawanan, dan hal ini tentunya menjadi perhatian utama baik dari kepolisian, dinas perhubungan maupun kami selaku BUJT, agar proses transisi dan transformasi kendaraan dapat berjalan lancar," kata Adhi Resza, Direktur Teknik dan Operasi Astra Tol Tangerang-Merak, melalui rilisnya, Senin (31/1/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.