Sukses

Yuk, Jajal 6 Tempat Wisata Tipis-Tipis di Bandung Barat

Berlibur di Bandung memang tak ada habisnya.

Liputan6.com, Bandung Berlibur di Bandung memang tak ada habisnya. Ada banyak tempat yang bisa dijajal terutama di daerah Kabupaten Bandung Barat.

Kabupaten Bandung Barat merupakan hasil pemekaran Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat dan timur.

Jarak dari Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung Barat sekitar 22 km dan bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam via tol menuju Padalarang. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata menarik.

Bukit, hutan pinus, sungai, sampai air panas, semua bisa kamu temukan di Kabupaten Bandung Barat. Penasaran? Yuk, simak beberapa tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat. Siapa tahu kamu bisa menjadikannya sebagai tempat berlibur selanjutnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Benteng Pasir Ipis

Benteng Pasir Ipis juga bisa dijadikan pilihan tempat wisata di Bandung Barat. Terutama buat kamu yang menyukai sejarah.

Di daerah Pasir Ipis, tepatnya di Kampung Pasir Ipis, Rt 05/06, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda yang membentang hampir mencapai 1 km.

Salah satu cagar alam tersebut dibangun sekitar tahun 1891 hingga 1930-an dan bagian tubuh benteng tua itu sudah ditumbuhi lumut, yang akan menambah kesan artistik jika Kamu berfoto di sana.

Harga Tiket:

Rp. 10.000 per orang

3 dari 7 halaman

Sungai Cikahuripan

Dalam bahasa Sunda, Cikahuripan berarti air yang membawa kehidupan. Dan air Sungai Cikahuripan memang dipercaya sangat bermanfaat oleh masyarakat sekitar.

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Daya tarik dari anak sungai Citarum Purba ini adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip dengan Green Canyon.

Aliran sungai dari Cikahuripan ini tidaklah deras dan cukup dangkal. Dengan kedalaman kurang lebih empat meter.

Harga Tiket:

Rp 10. 000 per orang

Rp 5.000 untuk parkir motor

Rp 20.000 untuk parkir mobil

4 dari 7 halaman

Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata, salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang juga menawarkan keindahan alam.

Taman Lembah Dewata merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Wisata berkuda Ganesha Equestrian. Tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7, Cibogo, Lembang.

Di Taman Lembah Dewata, Kamu bisa menikmati hamparan hijau perbukitan yang dipermanis dengan sebuah danau tadah hujan di bagian tengahnya. Selain itu, terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Harga Tiket:

Rp 10.000

5 dari 7 halaman

Bukit Gantole

Tahun 2010 lalu, bukit ini dibangun untuk kebutuhan Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang.

Namun sekarang, selain untuk olahraga, Bukit Gantole dijadikan salah satu destinasi wisata warga Bandung Barat maupun dari sekitar Bandung.

Di tempat ini, kamu menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih sekaligus menikmati pemandangan. Kamu bisa menikmati keindahan hutan pinus milik perhutani, Waduk Saguling, pemandangan Kota Cimahi dan Kota Bandung dari ketinggian.

Jika tertarik melihat langsung para atlet paralayang beraksi, kamu bisa datang ke Bukit Gantole sekitar pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Harga Tiket:

Kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir dan foto sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000

6 dari 7 halaman

Hutan Pinus Pal 16

Pal 16 merupakan kawasan hutan pinus yang letaknya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Di tempat ini, Kamu bisa bersantai menikmati semilir angin sejuk dan udara segar beraroma pinus.

Meski dulunya hanya sebuah hutan kosong, kini fasilitas di Hutan Pinus Pal 16 cukup lengkap. Mulai dari ayunan, tempat makan sederhana, hingga spot untuk memasang hammock. Kamu bahkan bisa membawa bekal dan menikmatinya sembari menggelar tikar.

Harga Tiket:

Rp 5.000

Rp 2.000 parkir motor

Rp 5.000 parkir mobil

7 dari 7 halaman

Air Panas Nagrak

Kamu yang ingin berwisata alam sekaligus menikmati air panas, bisa datang ke Air Panas Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang.

Sebenarnya, kolam air panas di Nagrak sudah ada sejak lama. Kolam ini merupakan sumber air panas yang berasal dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Parahu.

Bentuk kolam di kolam air panas Nagrak tidak seperti di pemandian air panas yang pada umumnya sudah dipatenkan. Kolam air panas Nagrak ini berada tepat di aliran sungai, dan dibendung sehingga kamu dapat berendam di dalamnya.

Harga Tiket:

Rp 5.000

Cukup banyak kan tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat? Tunggu apalagi, siapkan perlengkapanmu, dan berangkat!

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.