Sukses

Banten Waspada Omicron

Kasus omicron sudah terkonfirmasi masuk ke Banten, pasiennya ada 2 orang di wilayah BSD, 1 di Ciputat dan 1 lagi di Pondok Cabe Ilir. Kasus positif covid-19 juga perlahan naik di bulan Januari 2022.

Liputan6.com, Serang - Kasus Omicron sudah terkonfirmasi masuk ke Banten. Pasiennya ada dua orang di wilayah BSD, satu di Ciputat dan satu lagi di Pondok Cabe Ilir. Kasus positif Covid-19 juga perlahan naik di bulan Januari 2022.

Berdasarkan data per tanggal 12 Januari 2022, pasien positif covid-19 di Banten bertambah 57 orang yang dirawat dan dikarantina bertambah 6 orang.

"Ada peningkatan kasus positif Covid-19 di Banten pada Januari ini. Dan sudah ditemukan adanya kasus varian Omicron yang ada di Kota Tangsel, ada 4 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banten, Ati Pramudji Astuti, melalui rilisnya, Kamis (13/01/2022).

Ati Pramudji Astuti mengkhawatirkan terjadinya lonjakan kasus atau menjadi gelombang ketiga Covid-19. Lantaran, tingkat penularan varian Omicron lebih cepat dibanding varian delta dan corona jenis lainnya.

Karenanya, Pemprov Banten mengajak masyarakat untuk terus menerapkan prokes 5M di kehidupan sehari-hari. Pemerintah mengaku terus mengejar vaksinasi agar mencapai herd immunity, untuk memberikan kekebalan di masyarakat dan mengurangi risiko keparahan dari Covid-19. Itu termasuk melakukan vaksinasi penguat atau booster.

Vaksinasi booster baru bisa dilakukan di Kota Tangsel, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang, karena sudah memenuhi syarat yang diperintahkan oleh pemerintah pusat.

"Untuk booster lansia bisa diakses di seluruh delapan kabupaten dan kota. Namun booster usia 18 tahun hingga 59 tahun, baru bisa diakses yang berdomisili di Kota Tangsel, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksin Dan Boster Di Banten

Target vaksinasi di Banten 9,2 juta orang. Kemudian capaian vaksinasi di Banten sudah mencapai 7,4 juta atau 81 persen untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua atau lengkap baru sekitar 5 juta atau 55 persen.

Selanjutnya vaksinasi lansia baru menyasar 486 ribu orang. Untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Cilegon capaian vaksinasinya masih dibawah 60 persen. Sedangkan daerah lainnya, sudah diatas 60 persen.

Dengan percepatan vaksinasi dosis lengkap dan booster atau penguat, diharapkan bisa menghindari keparahan sakit pasien dan gelombang ketiga Covid-19.

"(Gelombang Ketiga) karena akan membawa dampak yang luar biasa pada berbagai sektor, baik sektor kesehatan, pendidikan dan yang utama ekonomi. Karena dengan vaksinasi akan menimbulkan kekebalan, imunitas. Dengan vaksinasi dapat meminimalisir akan kesakitan dan kematian," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.