Sukses

Jurus Ridwan Kamil Tangkis Omicron di Jabar

Ridwan Kamil memaparkan antisipasi penyebaran Omicron di Jabar, meski sampai saat ini belum ada laporan varian baru Covid-19 itu di wilayahnya.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan antisipasi penyebaran varian Omicron di Jabar meski sampai saat ini belum ada laporan varian baru Covid-19 itu di wilayahnya.

Menurutnya, Pemprov Jabar tetap menggencarkan testing, tracing, dan treatment (3T) sekaligus intens menyosialisasikan dan mengimbau masyarakat untuk memperkuat prokes 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

"Tidak ada hal baru dalam penanganan covid mau apapun namanya, treatment-nya sama saja. Pemerintah melakukan 3T, masyarakat melakukan 5M," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (28/12/2021).

Kementerian Kesehatan sendiri mengumumkan satu kasus transmisi lokal varian Omicron di Indonesia hari ini. Dengan penambahan kasus itu, total ada 47 kasus Omicron di Tanah Air.

Menurut Emil, Pemprov Jabar mulai menyiagakan infrastruktur penunjang, seperti menyiapkan tabung oksigen hingga kapasitas tempat tidur jika sewaktu-waktu ada peningkatan kasus Covid-19.

"Kedua, pola Jawa Barat adalah menyiagakan semua infrastruktur tapi dengan tenang. Jadi tadi sedang menghitung oksigen kalau kasusnya meningkat kayak bulan Juli, sudah dihitung. Rumah sakit, jumlah bed, persentasenya, urutannya seperti apa sedang kita persiapkan," ujarnya.

Di saat bersamaan, Pemprov Jabar pun terus mempercepat penyuntikan vaksin Covid-19. Pada akhir tahun nanti, masyarakat Jabar yang sudah disuntik dosis pertama vaksin diperkirakan mencapai 75 persen.

"Vaksin Jawa Barat saya laporkan saat ini sudah 73 persen. Insya Allah akhir tahun ini maksimal 75 persen. Itu benteng pertahanan yang sudah sangat baik," tuturnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perketat Libur Nataru

Selain itu, Pemprov Jabar juga menyiagakan dan memperketat penjagaan di daerah-daerah yang berpotensi terjadi keramaian menjelang libur Tahun Baru. Atas dasar itu, Emil mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi prokes dan memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat wisata.

"Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir silakan melaksanakan kegiatan. Omicron memang menunggu kita lengah, makanya tempat-tempat viral pariwisata sedang kita jaga ketat. Pangandaran, Lembang, Puncak, dan daerah-daerah yang biasanya jadi sumber berita viral kerumunan," ujarnya.

Emil mengatakan, Jabar bersiap melakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Jika satu RT atau kelurahan telah dimasuki oleh varian Omicron, maka Pemprov Jabar akan melakukan PPKM mikro di RT/RW atau kelurahan tersebut.

"Dalam praktiknya kita pernah melakukan PPKM Mikro, di RT ditutup, RW ditutup, tapi kotanya tidak. Ada satu masa kita melakukan PSBB seluruhnya menyamaratakan, kasusnya Hegarmanah itu PPKM Mikro," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.