Sukses

Kenang Haji Anif, Jusuf Kalla: Almarhum Orang Baik dan Mau Membina Masyarakat

Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyempatkan diri berziarah dan melakukan tabur bunga ke makam almarhum Haji Anif, di Masjid Al Musannif, Kompleks Cemara Asri.

Liputan6.com, Medan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyempatkan diri berziarah dan melakukan tabur bunga ke makam Almarhum Haji Anif, di Masjid Al Musannif, Kompleks Cemara Asri, Senin, 25 Oktober 2021.

Ziarah ini dilakukannya usai menggelar silaturahmi bersama Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang juga dilaksanakan di masjid tersebut.

Saat silaturahmi berlangsung, JK yang juga Ketua Umum DMI mengajak untuk mengenang dan mendoakan Almarhum Haji Anif. Menurutnya, Haji Anif adalah sosok orang yang baik dan alim serta mau membina masyarakat.

"Beliau juga pendiri dari puluhan masjid dengan segala peralatan. Semoga segala perbuatan sosial dan kebaikan yang dilakukannya mendapat rahmat dari Allah," ucapnya.

Disebutkan JK, Almarhum Haji Anif adalah seorang pengusaha yang memiliki kepedulian mengikuti tauladan Rasullulah. Karena sebelum menjadi Rasul, Nabi Muhammad SAW juga merupakan seorang pengusaha.

"Nabi juga adalah pengusaha. Ia lebih dulu berdagang, bahkan lebih lama, selama 27 tahun, sedangkan menjadi Rasul selama 23 tahun," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebaikan Harus Diikuti

Menurut JK, apa yang pernah diperbuat Haji Anif selama hidup merupakan upaya untuk mendapatkan kebagian dunia lalu akhirat. Salah satu kebaikan yang dilakukan adalah membangun dan memakmurkan masjid.

JK juga mengatakan, sebagai negara yang memiliki umat Islam terbesar di dunia, Indonesia menjadi negara yang paling banyak memiliki jumlah masjid. Hanya saja, selain memakmurkan, masjid juga harus menyejahterakan jemaahnya.

"Anif ini adalah salah satu sosok yang terbaik di Sumut. Kebaikannya harus kita ikuti," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Niat Bangun 99 Masjid

Mewakili keluarga, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, menyampaikan rasa terima kasih kepada JK karena telah meringankan langkah untuk berkunjung ke Masjid Al Musannif dan berziarah ke makam Almarhum Haji Anif.

Kepada JK, Ijeck sapaan Musa Rajekshah menceritakan, ayahanya berpulang pada 25 Agustus 2021. Ijeck menuturkan, semasa hidup, almarhum memang telah berpesan jika sebelum dipanggil Allah SWT, dia memang ingin dikebumikan di Masjid Al Musannif Cemara Asri.

"Makam itu sendiri, sebelumnya kolam air mancur. Almarhum orang tua kami juga mengutarakan niatnya untuk membangun 99 masjid, dan saat ini 24 diantaranya sudah selesai. Selain masjid yang sudah diselesaikan almarhum, kami juga sepakat ingin membangun rumah tahfiz," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.