Sukses

Waspada Gelombang Ketiga Covid-19 pada Akhir Tahun

Ganip mengingatkan agar memperkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment, kemudian perkuat vaksinasinya. Termasuk yang sudah dilakukan Pemkot Manado agar terus dimaksimalkan.

Liputan6.com, Manado - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, Sabtu (9/10/2021), mengunjungi Kota Manado, Sulut. Kunjungan ini untuk meninjau Posko Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19 di ibukota Provinsi Sulut tersebut.

“Saya mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah, termasuk Manado, agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga penularan Covid-19 di Tanah Air yang menurut para ahli dapat terjadi di akhir tahun,” ujar Ganip.

Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 ini mengatakan, ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember. Akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun.

“Pada periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan,” papar mantan Pangdam XIII Merdeka ini.

Di samping itu, akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mana hal itu juga memengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Natal dan Tahun Baru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” ujar Ganip.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Pencegahan Covid-19

Meski demikian, Ganip optimis bahwa hal itu dapat dicegah dan dikendalikan sehingga tidak terjadi. Kunci pencegahan dan mitigasi penularan Covid-19 sudah diketahui, yakni dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi.

“Di sisi lain, pola penanganannya juga sudah ditemukan,” ujarnya.

Dia mengatakan, dua dasar tersebut merupakan hal yang harus senantiasa dilaksanakan demi mencegah terjadinya ledakan kasus di akhir tahun, sebagaimana menurut prediksi para ahli.

“Tapi saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga,” kata Ganip.

Ganip mengingatkan agar memperkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment, kemudian perkuat vaksinasinya. Termasuk yang sudah dilakukan Pemkot Manado agar terus dimaksimalkan.

“Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan Covid-19 ini,” ujarnya didampingi Wali Kota Manado Andrei Angouw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.