Sukses

Hiu Raksasa Muncul di Pesisir Pantai Desa Dumolodo Gorontalo Utara

Masyarakat Desa Dumolodo, Kecamatan Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara, tiba-tiba dihebohkan dengan munculnya seekor hiu besar di pesisir pantai dumolodo.

Liputan6.com, Gorontalo - Masyarakat Desa Dumolodo, Kecamatan Gentuma Raya, Kabupaten Gorontalo Utara, tiba-tiba dihebohkan dengan munculnya seekor hiu besar di pesisir pantai Dumolodo.

Ening Saramady, masyarakat Desa Dumolodo mengatakan, bahwa saat melihat hewan laut besar itu, dirinya merasa sangat kaget. Sebab, selama ia tinggal di pesisir pantai, baru kali itu melihat ikan besar seperti itu berada di dekat pantai.

Bahkan, dengan santainya ikan tersebut mencari makan di tepian Pantai Dumolodo. Meski didekati warga sekitar, ikan yang memiliki bobot besar itu tidak merasa terusik dengan kehadiran warga.

Meski begitu, warga sekitar belum mengetahui pasti ikan besar tersebut merupakan jenis hiu apa. Sementara, untuk ukuran ikan, diperkirakan sekitar empat hingga lima meter dengan tubuh yang gemuk.

"Ada yang bilang itu jenis hiu paus, ada juga yang bilang paus orca. Saya juga kurang mengerti tentang jenis ikan," kata Ening.

Ening menjelaskan, ikan hiu ini muncul di pesisir Laut Dumolodo pada Selasa, (10/08/2021) siang. Ikan raksasa tersebut sempat bermain beberapa jam di sekitar pantai hingga akhirnya hilang.

"Tadi pagi masih ada, sekarang sudah tidak ada lagi," jelas Ening.

Belum diketahui pasti hiu tersebut berjenis apa, hanya saja menurut para nelayan, bahwa hiu itu tidak berbahaya. Akan tetapi para warga yang masih khawatir belum mengizinkan anak mereka untuk berenang di pantai.

Momen tersebut sempat diabadikan oleh warga sekitar. Hingga akhirnya video itu viral di media sosial, ragam komentar dari warganet bermunculan. Mereka mengatakan bahwa ikan itu datang untuk mencari makan.

Sebagian lagi ada yang mengaitkan dengan hal-hal mistis, menurut mereka, bahwa kehadiran sosok ikan besar di permukaan, menandakan bahwa akan terjadi bencana besar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan dari Whale Shark Indonesia

Sementara Mahardika Rizki Himawan, seorang peneliti dari Whale Shark Indonesia mengatakan, bahwa ikan tersebut merupakan jenis hiu paus dengan nama latin Rhincodon typus yang tengah mencari makan. 

Menurutnya, perairan Gorontalo memang menjadi salah satu jalur lintas kawanan hewan berukuran besar itu. Maka tak heran jika saat ini warga Gorontalo kerap melihat hewan laut besar.  

"Kemungkinan hiu dari luar Teluk Tomini, hendak balik ke Samudra Pasifik, itu melalui laut Gorontalo," ungkapnya.

"Biasanya saat perjalanan ia singgah untuk mencari makan, jadi takut jika melihat hiu seperti itu. Jangan ganggu mereka karena tidak berbahaya," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.