Sukses

Cuaca Hari Ini Jumat 30 Juli: Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi

Liputan6.com, Jakarta - Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi pada Jumat (30/7/2021). 

Dalam peringatan dini cuaca periode 29-31 Juli 2021, BMKG menjelaskan, daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat dan Sumatera Utara dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi yang telah dijelaskan di atas.

Terkait hal itu BMKG memprakirakan Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Papua berpotensi mengalami hujan lebat, yang bisa disertai dengan kilat/petir serta angin kencang.

Selain itu, wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku serta Papua Barat juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Banjir Bandang

BMKG juga memperingatkan adanya wilayah berpotensi banjir dan bandang akibat hujan lebat di Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Papua masuk dalam kategori waspada.

Untuk itu, BMKG meminta masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan dalam beberapa waktu ke depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.