Sukses

Pedas Nikmat Bakso Lava Kabupaten Kuningan, Bikin Ngiler

Biasanya sajian bakso selalu dituangkan di dalam sebuah mangkok meskipun bakso yang dibuat dalam ukuran besar namun berbeda dengan bakso lava.

Liputan6.com, Kuningan - Bakso merupakan salah satu kuliner nusantara yang banyak digemari berbagai kalangan masyarakat. Inovasi kedai bakso pun mulai berkembang.

Salah satunya di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Diberi nama Bakso Lava di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Bentuknya tetap bulat dengan tetelan daging dan bakso kecil di dalamnya. Namun, cara penyajian dan olahan bakso lava ini berbeda.

Bakso lava disajikan di atas sebuah hot plate layaknya menyajikan steak. Bakso tersebut kemudian diairam dengan kuah barbeque yang sangat panas.

Kepulan asap keluar dari atas hot plate dengan aroma khas bakso lava dengan kuah barbeque.

Ketika isi dalam bakso dibelah, terdapat beberapa bakso ukuran kecil dan cabai rawit segar yang sudah diolah. Semuanya meluber bak guguran lava dari gunung api yang meletus.

"Bakso Lava Kuningan ini menggunakan daging sapi segar dan tekstur yang kenyal serta rasanya yang pedas menggelegar," kata pemilik kedai Bakso Tetelan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Alvian Yusuf, Rabu (14/7/2021).

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramai di Media Sosial

Alviana mengaku, Bakso larva dihadirkan untuk memberi sensasi berbeda menikmati bakso kepada pengunjung. Dia mengatakan, peminat bakso lava cukup tinggi. Dalam sehari, Alvian bisa menjual hingga 100 porsi bakso lava.

"Ramai di media sosial kemudian penasaran dan datang kesini. Bakso lava ini saya jual satu porsi Rp60 ribu,"

Selain bakso lava di Warung Bakso Tetelan ini juga terdapat menu bakso lainnya yang tidak kalah unik. Ada bakso hitam hingga bakso mozarella.

Selain bakso bakso lava, menu lainnya dijual mulai dari harga Rp15 ribu hingga Rp30 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.