Sukses

Update KMP Yunicee Tenggelam: Lokasi Bangkai Kapal Ditemukan

KRI Rigel yang dikerahkan di Selat Bali berhasil menemukan lokasi bangkai KMP Yunicee yang tenggelam Selasa malam (29/6/2021).

Liputan6.com, Bali - KRI Rigel yang dikerahkan di Selat Bali berhasil menemukan lokasi bangkai KMP Yunicee yang tenggelam Selasa malam (29/6/2021). Lokasi penemuan bangkai kapal tersebut berada di sekitar 1-2 mil sebelah selatan Pelabuhan Gilimanuk.

Belum diketahui pasti akan diapakan bangkai kapal penumpang tersebut. Namun yang pasti, hari ini, Jumat (2/7/2021), Basarnas dan tim gabungan akan melanjutkan pencarian korban yang masih belum ditemukan.

Fokus pencarian diperluas sejauh 2-3 mil ke arah utara dan selatan dari titik tenggelamnya KMP Yunicee. Pencarian akan dimulai pukul 07.00 WIT. Rencananya proses pencarian korban akan terus dilakukan selama tujuh, setelah itu akan ditutup.

Sementara itu, Direktur Polisi Perairan Polda Bali Kombes Pol Toni Ariadi Effendi menyebut, pihaknya telah memeriksa nahkoda kapal KMP Yunicee yang selamat dan tiga orang saksi, salah satunya sopir truk yang selamat.  

"Sebanyak lima orang penumpang yang selamat dan tujuh orang kru KMP Yunicee sudah kami mintai keterangan. Penyelidikan lain juga kami lakukan, untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal tersebut," kata Toni.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penumpang Tak Sesuai Manifes

Tim gabungan juga telah melakukan pendataan penumpang yang disimpulkan ada 76 penumpang, dan 18 di antaranya belum ditemukan.

"Tadi kami melakukan rapat dari pukul 14.00 Wita hingga 18.00 Wita. Dari berbagai pihak terkait, diperoleh data sebanyak 76 orang naik KMP Yunicee," kata Toni

Sebanyak 76 orang yang berada di KMP Yunicee itu, terdiri dari kru, penumpang yang masuk manifes, dan penumpang nonmanifes. Dari 76 orang itu, sebanyak 51 orang selamat, 18 orang masih dalam pencarian, termasuk dua orang anak balita, dan tujuh orang ditemukan meninggal dunia.

Selain melakukan pencarian korban dan posisi kapal, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, baik dari penumpang yang selamat maupun kru kapal, untuk menyelidiki penyebab tenggelamnya KMP Yunicee.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.