Sukses

11 Penumpang Kapal Tenggelam di Gilimanuk Masih dalam Pencarian Basarnas 

Diketahui, kapal tenggelam ini membawa 57 orang di antaranya 13 kru, 3 orang petugas kantin, dan 41 penumpang.

Liputan6.com, Gilimanuk - Kapal penumpang KMP Yunicee tenggelam di Perairan Gilimanuk, Selasa malam (29/6/2021). Kapal dengan rute Ketapang-Gilimanuk tersebut terseret arus dan mengalami kemiringan hingga terbalik. Diketahui, kapal tenggelam ini membawa 57 orang di antaranya 13 kru, 3 orang petugas kantin, dan 41 penumpang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mendapatkan informasi dari seorang petugas bernama Hendri (TNI AL Gilimanuk) sekitar pukul 19.12 Wita. 

Gede Darmada, Kepala Kantor Basarnas Bali mengatakan kapal dengan panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter, berwarna putih strip merah biru itu lepas sandar dari Pelabuhan Ketapang pada hari Selasa (29/6/2021) pukul 19.06 Wita. Namun, ketika mendekati Pelabuhan Gilimanuk terbawa arus ke arah selatan, miring, dan langsung tenggelam. 

"Tim terdekat yang kami kerahkan dari Pos SAR Jembrana dan Pos SAR Buleleng selanjutnya menyusul personel dari Kantor Basarnas Bali dan juga tim SAR dari Basarnas Surabaya melalui jalur laut," ucapnya, Rabu (30/6/2021).

Sementara itu, data korban kapal tenggelam yang diperoleh hingga pagi ini pukul 09.00 wita, telah terevakuasi selamat 39 orang, meninggal dunia 7 orang, dan masih dalam pencarian 11 orang.

"Korban meninggal yang diperoleh dari posko gabungan di Pelabuhan Gilimanuk, terkonfirmasi 7 orang yakni 5 perempuan dan 2 orang laki-laki selanjutnya dibawa ke Puskesmas Gilimanuk," ujar dia.

Untuk data jumlah penumpang kapal tenggelam saat ini masih terus dihimpun dari berbagai sumber. "Data dan jumlah korban bisa berubah melihat perkembangan tim SAR gabungan di lokasi pencarian," katanya.

Tim SAR gabungan yang terlibat operasi SAR diantaranya dari Basarnas Bali, TNI AL, Pol Air, BPBD, BTTD, Samapta Polda Bali, Brimob Gilimanuk, DVI Polda Bali, Polres Jembrana, ASDP Gilimanuk, Syahbandar Gilimanuk, Batalion Compi C Gilimanuk, Potensi SAR 115 dan potensi SAR lainnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.