Sukses

Muda-mudi Lintas Agama di Kendari Galang Bantuan untuk Palestina, 2 Jam Terkumpul Rp52 Juta

Liputan6.com, Kendari - Puluhan jemaah Masjid Raudhatul Jannah Kota Kendari menggalang bantuan bagi warga Palestina, Rabu (19/5/2021). Aksi sosial di depan masjid Jalan Made Sabara Kecamatan Mandonga itu menarik simpati sejumlah warga nonmuslim. Sehingga mereka ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung selama dua jam.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, ada lima hingga enam orang warga nonmuslim yang ikut serta menggalang bantuan bersama puluhan warga lainnya.

Salah seorang warga Kota Kendari, Ayu (19) mengatakan, dia bersama salah seorang rekannya datang dengan kemauan sendiri. Mengaku mengetahui dari grup chat media sosial, wanita beragama Hindu itu, mengaku ingin ikut serta warga lainnya menggalang bantuan di jalan.

"Warga Palestina sedang membutuhkan bantuan, jadi kita seharusnya bantu. Kondisi di sana kan sedang susah," kata Ayu.

Selain Ayu, ada warga nonmuslim lainnya beragama Kristen. Mereka ikut serta bersama warga mengumpulkan bantuan dari pengendara yang melewati jalur ramai itu.

Aksi ini selain diikuti jemaah masjid, juga ada dari sejumlah kelompok pemuda. Rencana kegiatan aksi menyebar cepat melalui media sosial dan grup chat.

Selama sekitar dua jam lebih, warga nonmuslim berbaur bersama jemaah masjid Raudhatul Jannah Kendari mengumpulkan bantuan untuk rakyat Palestina. Aksi ini, juga mendapat simpati dari ratusan pengendara roda dua dan empat yang melintas. Mereka menyempatkan diri singgah dan memberikan donasi kepada jemaah masjid yang sudah membawa kotak bertuliskan dukungan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

 

2 dari 2 halaman

Dua Jam Terkumpul Rp52,4 Juta

Dalam dua jam aksi penggalangan dana untuk rakyat Palestina di Kendari, total dana yang terkumpul Rp 52.434.000. Jumlah ini, berasal dari pengendara kendaraan roda dua dan empat serta donatur.

Koordinator penggalangan dana, Anwar, mengaku kagum dengan respons masyarakat. Dia menyebut, simpati warga Kota Kendari termasuk tinggi membantu rakyat Palestina yang sedang kesulitan karena aksi penjajahan tentara zionis Israel.

"Sepanjang acara, sejak awal hingga berakhir, masyarakat terus memberikan dukungan. Kami melihat, ini sebagai salah satu langkah positif membantu saudara di Palestina yang tengah mengalami tekanan fisik dan psikologi karena perang," kata Anwar.

Dia menyatakan, bantuan ini akan disalurkan ke yayasan internasional yang memiliki akses dan terpercaya dengan track record yang sudah dikenal. Harapannya, bantuan warga Kota Kendari bisa diterima dan meringankan beban saudara-saudara di Palestina.

"Ini baru awal, kami masih akan melakukan evaluasi selanjutnya akan aksi penggalangan dana lanjutan. Namun, setelah ada musyawarah," lanjutnya.

Dia mengungkapkan, selain bantuan tunai ada layanan transfer yang tertera di poster atau selebaran yang sudah beredar. Upaya ini dilakukan agar penggalangan dana bisa lebih masif.

"Di masjid, sudah ada tempat infaq sejak dulu yang khusus diperuntukan bagi warga Palestina. kami membuka sejak dulu dan masih berlangsung," pungkasnya.