Sukses

Genjot Budaya Literasi, Sudut Baca Bakal Hadir di Seluruh Kantor Pemprov Sulut

Liputan6.com, Manado - Guna menggiatkan aktivitas literasi, seluruh kantor di lingkungan Pemprov Sulut bakal menyediakan sudut baca. Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Jumat (30/4/2021).

“Saya mengharapkan kiranya kegiatan ini, akan semakin memberikan pemahaman kepada kita tentang pentingnya meningkatkan minat baca dan memantapkan literasi pada satuan pendidikan serta masyarakat,” ujarnya saat membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Tingkat Menengah dan Pendidikan Khusus serta Masyarakat Sulut.

Rita mengatakan, apa yang dilakukan itu dalam rangka mendorong kualitas sumber daya manusia Sulut menjadi unggul dan berdaya saing. Ke depan selain perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah, dapat disiapkan sudut baca di seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulut.

“Saya akan mengusulkan kepada Pemprov Sulut agar supaya setiap perangkat daerah menyediakan sudut-sudut baca dan tentu beserta dengan kelengkapannya,” ujarnya.

Sebagai langkah awal, Rita mengajak semua pihak menjadi contoh dengan menjadikan membaca sebagai the way of life, sambil terus berupaya menggeser sebuah tradisi membaca yang hanya untuk suatu kepentingan.

“Diperlukan sebagai langkah strategis, seperti kegiatan sosialisasi ini untuk nantinya dapat meningkatkan budaya membaca, baik oleh peserta didik maupun oleh masyarakat Sulut secara umum,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut: