Sukses

Ada Ledakan di Makassar, Kapolda Panca: Situasi Kamtibmas Sumut Kondusif

Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Sprovinsi Sumatera Utara (Sumut) cukup kondusif. Hal ini di sampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, pasca ledakan bom di Gereja Katedral Makassar.

Liputan6.com, Medan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Sprovinsi Sumatera Utara (Sumut) cukup kondusif. Hal ini di sampaikan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, pasca ledakan bom di Gereja Katedral Makassar.

"Situasi Kamtibmas di Sumut cukup kondusif," kata Kapolda melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Minggu (28/3/2021).

Masyarakat Sumut diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi peristiwa ledakan bom yang terjadi di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Masyarakat diminta mempercayakan penanganannya kepada pihak kepolisian.

Masyarakat juga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, mengalakkan kembali keamanan lingkungan, fungsikan RT RW sebagai deteksi awal di lingkungan terkecil, wajibkan 1x25 jam tamu pendatang wajib lapor.

Kemudian selalu berinteraksi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di desa atau kelurahan masing-masing dalam mengantipasi aksi teror, dan laporkan sekecil apapun yang mencurigakan kepada polsek terdekat atau aparat keamanan lainnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pengamanan

Polda Sumut telah memerintahkan seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kapolsek dan Kapolres) untuk memperketat pengamanan setiap Markas Komando (Mako), tempat umum, dan rumah ibadah, serta Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) untuk mengantisipasi terjadi aksi teror.

"Sistem pengamanan yang sudah berjalan selama ini diperketat dan dilaksanakan dengan benar," sebut Hadi.

Diterangkan Kabid humas Polda Sumut, sistem pengamanan yang dilaksanakan adalah dengan melakukan pemeriksan kepada setiap orang yang tidak dikenal saat mendatangi Mako.

"Tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan dalam mengantisipasi aksi teror," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.