Sukses

Temuan Mengejutkan dalam Foto Kebakaran Lahan Riau dari Balik Pesawat Tempur

Liputan6.com, Pekanbaru - Pilot pesawat tempur dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru memotret kebakaran lahan yang cukup luas di daerah Dasan Kabupaten Siak. Titik api di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis itu menimbulkan kabut asap yang membumbung ke udara.

Dari potret itu juga terlihat kebakaran lahan terjadi di lahan kosong. Sebagiannya ada beberapa batang kelapa sawit, kemudian di sebelahnya ada kebun sawit belum tersentuh api.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, penerbangan ini dalam rangka latihan dengan kode Harpy Flight dari Rydder Skadron Udara 16 Wing 6.

"Sekaligus melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan di daerah Dasan perbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis, Provinsi Riau," kata Andi, Selasa malam, 9 Maret 2021.

Andi menjelaskan, Harpy Flight terdiri dari dua pesawat yaitu TS-1608 yang diawaki oleh Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan serta TS-1623 oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Kapten Pnb Yusuf Atmanegara.

"Kedua pesawat melaksanakan latihan Basic Fighter Maneuver atau BFM di Military Training Area (MTA) Lanud Roesmin Nurjadin," jelas Andi.

Andi mengatakan, upaya pencegahan kebakaran lahan akan terus dilakukan. Dia menyebut ini adalah komitmen bersama seluruh elemen dalam Satgas Karhutla Riau.

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan, ini juga mewujudkan Riau tanpa asap dan diharapkan semua elemen dapat mendukungnya," jelas Andi.

Andi berharap patroli udara lewat pesawat tempur dapat mendeteksi dan mencegah titik api di Pulau Sumatra, khususnya Riau.

Sementara itu, Danskadud 16 Mayor Pnb Andri Setyawan menyebut kebakaran lahan di desa itu sudah dilaporkan ke Satgas Karhutla Riau agar ditangani secepatnya.

"Patroli Karhutla di latihan profisiensi ini adalah salah satu fungsi dari Dinas Operasi Lanud Rsn sebagai Posko Udara Satgas Karhutla 2021," kata Andri.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: