Sukses

Kondisi Kabid Humas Polda Sulut Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Manado - Personel Polri dan PNS yang bertugas di Polda Sulut dan jajaran mulai menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi dilakukan bertahap, dimulai dari personel di seputaran Satker Polda Sulut dan Polresta Manado, yang dilakukan oleh petugas medis dari Bidang Dokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di beberapa lokasi, yaitu di aula Catur Prasetya Markas Polda Sulut, dan RS Bhayangkara, sedangkan di Polres akan dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) milik Polres dan di Puskesmas.

"Saat ini jumlah personel Polri di Sulut ada kurang lebih delapan ribuan, dan pada tahap awal ini kita mulai melaksanakan vaksinasi sesuai dengan droping vaksin dari Dinas Kesehatan Sulut sekitar 3.900," ungkap Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang J MARS saat memimpin pelaksanaan vaksinasi di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Rabu (3/3/2021).

Freddy mengatakan, jumlah vaksin tahap pertama itu untuk melayani anggota Polri dan PNS di Polda Sulut dan Polresta Manado. Sedangkan untuk Polres lain dan jajaranakan menyesuaikan dengan droping vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

"Kita sudah bagi per Satuan Kerja yang ada, dengan waktu tertentu, dan diharapkan tidak terjadi penumpukan peserta," ujar Freddy.

Proses vaksinasi diawali dengan pendaftaran dengan menunjukkan KTP, dilanjutkan dengan screening kesehatan peserta vaksinasi. Apabila peserta tidak memiliki gangguan kesehatan maka akan dilakukan penyuntikan vaksin dan selanjutnya menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi hasil vaksinasi.

"Diharapkan dengan pelaksanaan vaksinasi, semua personel Polri di Polda Sulut dan jajaran ini sudah terdapat antibodi yang terbentuk di dalam tubuh dan mampu mencegah terjangkitnya Covid-19," ujarnya.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, salah satu personel yang sudah divaksin pagi itu, mengatakan baik-baik saja usai menerima suntikan vaksin tahap pertama.

"Hari ini saya sudah menerima suntikan vaksin pertama. Dan setelah divaksin, saya tidak merasakan apa-apa. Semuanya biasa-biasa saja," ujar Abast.

Dia berharap semua personel Polri dan seluruh masyarakat tidak usah takut divaksin, sehingga dapat mencegah penyebaran covid-19.

"Jangan takut, vaksin aman dan halal," ujar Abast di Markas Polda Sulut.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: