Sukses

Baru Dilantik Presiden Jokowi, Gubernur Sumbar Mahyeldi Sudah Melantik 11 Kepala Daerah

Baru 24 jam menjabat sebagai Gubernur Sumbar, Mahyeldi sudah menjalani proses pelantikan 11 kepala daerah baru di Sumbar.

Liputan6.com, Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi resmi melantik 11 kepala daerah di provinsi itu pada Jumat, 26 Februari 2021. Pelantikan berlangsung di Auditorium Gubernuran Sumbar. Sebelumnya, pada Kamis, 25 Februari 2021, Mahyeldi sendiri baru saja dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 ini diawali dengan 11 pasangan kepala daerah memasuki Auditorium Gubernuran.

Lalu dibacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pengesahan pengangkatan dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2020.

Kemudian, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengambil sumpah jabatan atas nama Presiden RI. Ia mengingatkan bahwa sumpah yang diambil merupakan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Di samping itu, lanjut Mahyeldi sumpah juga disaksikan oleh diri sendiri, semua orang yang hadir, dan penting juga disadari sumpah disaksikan Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

"Sumpah ini juga tanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat Sumbar,” katanya, Jumat (25/2/2021).

Gubernur kemudian mengucapkan kata sumpah yang diiiringi oleh para kepala daerah. Dalam pengucapan satu per satu kepala daerah disebutkan jabatannya.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai kepala daerah/wakil kepala daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa".

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut 11 Kepala Daerah yang Dilantik

1. Kabupaten Agam, Andri Warman-Irwan Fikri

2. Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin dt Labuan

3. Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri

4. Kabupaten Padang Pariaman, Suhatri Bur-Rahmang

5. Kabupaten Pasaman, Benny Utama-Sabar AS

6. Kabupaten Pasaman Barat, Hamsuardi-Risnawanto

7. Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah

8. Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah

9. Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra-Richi Aprian

10. Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi

11. Kota Solok, Zul Elfian-Ramadhani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.