Sukses

Cara Kodam Udayana Ajak Masyarakat Bali Bebas Covid-19

Kasdam Udayana, Brigjen TNI Candra Wijaya ajak masyarakat untuk taat protokol kesehatan demi menekan angka posotif Covid-19 khususnya di Bali.

Liputan6.com, Denpasar Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional melalui video conference (vidcon) yang dipimpin langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, bertempat di Ruang Puskodalops Kodam Udayana

Brigjen TNI, Candra Wijaya mengatakan rakor membahas tentang Update Pelaksanaan PPKM, Terapi Plasma Konvalasen dan Isolasi Mandiri dalam Pemutusan Rantai Penularan Covid-19, yang diawali dengan paparan dari Ketua Bidang Data dan TI STPC19 (Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) terkait update kasus Covid-19 di 10 Provinsi prioritas (Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Sumatra Barat).

"TNI, Polri, BIN dan Instansi terkait lainnya melakukan pengawasan ketat terhadap PPKM yang berlaku di Bali. Untuk Vaksin di lingkungan Kodam Udayana telah dilakukan. Saat ini secara bertahap diseluruh wilayah Provinsi Bali dengan harapan Covid-19 dapat ditanggulangi secara maksimal," kata mantan Kadispenad itu kepada Liputan6.com, Senin (18/1/2021).

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Bali walau belum maksimal semua upaya telah dilakukan.

Ia menyebut kegiatan upacara keagamaan dan kegiatan adat di Bali sangat tinggi sehingga akan mengakibatkan penambahan kasus claster baru, walaupun angka kesembuhan sudah meningkat.

“Kesadaran masyarakat untuk memberikan donor Plasma konvalasen masih perlu disosialisasikan lagi baik dari pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya, sambil dibarengi dengan pelaksanaan penyuntikan vaksin untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Lengah Walau Sudah Vaksinasi

Sementara itu, Letjen TNI Doni Monardo dalam vicon tersebut menjelaskan vaksin yang saat ini sudah dibagikan oleh pemerintah pusat ke semua daerah dan sudah mulai suntikkan kepada masyarakat itu tidak membuat lengah. 

"Jangan membuat kita menjadi abai. Karena vaksin bukan segala-galanya untuk menanggulangi Covid-19, tetap laksanakan penerapan protokol kesehatan untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19. Tetap semangat dan bersatu padu serta bahu membahu TNI, Polri, BIN, Satpol PP dan komponen lainnya secara maksimal serta selalu mengingatkan semua orang untuk tetap laksanakan protokol kesehatan guna menanggulangi dan memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

“Cermati perubahan cuaca yang berdampak pada peningkatan Kasus Covid-19, kampanyekan selalu agar tetap menerapkan 3M, jangan bepergian keluar rumah apabila tidak sangat perlu atau sangat mendesak tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” Kata dia.

Turut hadir mendampingi Kasdam IX/Udayana dalam vidcon tersebut antara lain, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana dan Karumkit Tk. II Udayana, sedangkan di masing-masing tempat, Vidcon tersebut juga diikuti Para Danrem dan Para Dandim jajaran Kodam IX/Udayana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini