Sukses

Kehidupan Baru Kakek yang Viral karena Salat Idul Adha Pakai Seragam SMA

Dana sumbangan donatur yang berhasil terkumpul adalah Rp154 juta.

Liputan6.com, Bone - Kakek Sakka kini telah memulai hidup baru. Kakek berusia 90 tahun yang viral karena menggunakan seragam SMA saat salat Idul Adha pada Kamis, 30 Juli 2020 lalu itu kini memliki rumah baru yang dibangun dari hasil sumbangan donatur.

Cerita di balik video viral itu menggugah hati banyak warganet, lantaran warga Dusun Waetuo, Desa Arallae, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan itu tinggal di sebuah rumah panggung reyot yang nyaris rubuh bersama istri dan saudra perempuannya. 

Tidak hanya itu, Kakek Sakka menggunakan seragam putih abu-abu lantaran baju itulah pakaian terbaik yang ia miliki. Baju itu merupakan sumbangan dari salah seorang warga yang iba kepadanya.

Belakangan, Andi Salsabila, gadis cantik yang pertama kali mengunggah video tentang Kakek Sakka di akun Tiktok-nya kemudian berinisiatif untuk menggalang dana demi membantu keluarga Kakek Sakka. Tidak main-main, penggalangan dana melalui rekening pribadi ibunda Andi Salsabila, Sayaphati dan Kitabisa.com berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp154 juta hanya dalam waktu singkat. 

Uang itu kemudian digunakan untuk membangun ulang rumah reyot tempat inggal Kakek Sakka. Seluruh bagian rumah dihancurkan dan dibangun rumah batu yang kokoh. 

"Pengerjaan rumahnya memakan waktu sekitar 5 bulan. Pengerjaannya dimulai pada awal September karena tekendala bahan bangunan," kata Andi Salsabila kepada Liputan6.com, Minggu (27/12/2020). 

Kakek Sakka terlihat bahagia mendapat rumah baru. Kini ia tak lagi perlu khawatir rumahnya terancam roboh lantaran bangunan kayunya yang sudah tua. 

Andi Salsabila menyebutkan bahwa pembangunan rumah itu memakan biaya sebesar Rp. 124.692.000. Tidak hanya digunakan membangun rumah, Andi Salsabila dan keluarganya juga menggunakan dana itu untuk membeli perabotan rumah tangga baru untuk keluarga Kakek Sakka. 

"Kita pakai lebih dari Rp124 juta. Itu sudah termasuk pembangunan rumah dan membeli perabot rumah tangga seperti sofa, ranjang dan peralatan dapur," sebutnya. 

Pelajar yang masih duduk di bangku kelas X sekolah menengah atas ini pun tidak serta-merta lepas tangan usai membantu membangun ulang rumah Kakek Sakka dan keluarganya.Sisa dana sebesar Rp 29.308.000 pun akan tetap dikelola oleh Andi Salsabila dan keluarganya dengan cara diberikan secara bertahap kepada kakek tua itu sesuai dengan kebutuhannya. 

"Saya dan keluarga akan mengatur dan memberikan secara bertahap uang tabungan Kakek Sakka tersebut sesuai dengan kebutuhannya," ucap dia. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Mula Viral

Sebelumnya, video seorang kakek yang melaksanakan salat Idul Adha menggunakan seragam SMA viral dan menyita perhatian warganet. Belakangan diketahui kakek itu berasal dari Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Dua buah video berdurasi 25 detik itu diunggah pertama kali oleh akun Tiktok @andisalsaa_s. Dalam video yang ia rekam terlihat kakek tersebut datang ke sebuah lapangan untuk melaksanakan salat id dengan mengenakan seragam putih abu-abu.

"Jadi guys kemarin aku lebaran di kampung. Terus lihat bapak ini yang makai baju SMA ke lapangan buat salat," tulis @andisalsaa_s dalam video tersebut.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, kakek tersebut pun langsung pulang dan mencari tumpangan. Sayangnya tak ada yang memberi tumpangan lantaran tak searah dengan kakek tersebut.

"Terus dia berusaha gitu buat cari mobil untuk tumpangan dia pulang," tulisnya lagi.

Dalam video kedua, @andisalsaa_s menyebutkan bahwa kakek itu datang ke kediaman miliknya. Namun saat ia datang ke rumah miliknya kakek tersebut sudah mengenakan pakaian batik.

Ia menerangkan bahwa baju batik itu diberikan oleh seseorang lantaran lmerasa iba melihat kakek itu melaksanakan Salat Idul Adha menggunakan seragam SMA.

"Setelah ngobrol-ngobrol dia cerita kalau baju SMA itu dikasih sama orang. Terus baju batik itu barusan juga dikasi sama orang karena di suruh buat lepas baju SMA yang bapak itu pakai. Tapi bapak itu bilang nggak usah, jadi makainya double," tulisnya lagi dalam video tersebut.

Belakangan diketahui kakek itu bernama Sakka, dia merupakan warga Dusun Waetuo, Desa Arallae, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kakek berusia 61 tahun itu diketahu tinggal bertiga bersama istrinya dan saudaranya di rumah kayu yang nyaris tak layak huni.

Andi Salsabila, pemilik akun Tiktok @andisalsaa_s pun mengaku mendapat banyak pesan singkat melalui akun sosial medianya dan menanyakan tentang keberadaan dan keadaan kakek Sakka. Andi Salsabila beserta keluarganya pun berinisiatif untuk membuka donasi untuk membantu Sakka dan keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.