Sukses

Ketua KPU Tuban Positif Covid-19, Jelang Hari Pencoblosan Virus Corona Makin Memburuk

Liputan6.com, Tuban - Detik-detik menjelang hari pencoblosan Pilkada Tuban 9 Desember 2020, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan, masih menjalani isolasi mandiri lantaran terinfeksi virus Corona.

Endah Nurul Komariyati, Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban mengatakan, kondisi yang bersangkutan saat ini sehat dan tanpa gejala apapun.

"Kondisinya sehat dan terus kami pantau. Statusnya orang tanpa gejala," ungkap Endah, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Tuban, Senin (7/12/2020).

Ketua KPU Kabupaten Tuban dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab pada Jumat (4/12/2020). Meski demikian, Pilkada Tuban akan tetap digelar karena badan-badan ad hoc KPU Kabupaten Tuban sudah terbentuk mulai dari PPK, PPS, KPPS, hingga petugas Trantib.

Tak hanya itu, mendekati hari pemungutan suara Pilkada Kabupaten Tuban, terjadi juga lonjakan kasus Covid-19 di kabupaten tersebut. Satgas Covid-19 mengungkap, pada Senin (7/12) ada tambahan 33 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. 

"Usia mereka bervariasi, mulai 17 tahun sampai 73 tahun," kata Endah.

Dari tambahan itu, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di kota bumi wali Ruban ini menjadi tembus 861 orang. Dengan rincian, pasien sembuh 659 orang dan meninggal 95 orang.

"Confirm yang masih dirawat 107 orang," ucap Endah.

Pasien Covid-19 di Tuban yang masiah dirawat itu dengan rincian di RSUD Koesma Tuban ada 23 orang, RS Nahdlatul Ulama (NU) ada 7 orang, RS Medika ada 8 orang, RS Ali Manshur Jatirogo ada 8 orang.

"Di rumah isolasi ada 6 orang, di rumah (isolasi mandiri) ada 54 orang," katanya.

Pemkab Tuban tak bosan mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, antara lain memakai masker ketika bepergian, tidak berkerumun, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

"Kita tetap meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai ada klaster Pilkada," kata Endah menambahkan.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: