Sukses

Hyundai Sebut Produksi Mobil Listrik di Jawa Barat Mulai 2022

Liputan6.com, Bandung - Produsen otomotif Hyundai mengkonfirmasi terkait pembangunan pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Wakil Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik Lee Kang Hyun mengatakan, progres pembangunan pabrik baru mencapai 65 persen.

"Hyundai Motors sudah mulai membangun pabrik di Delta Mas Cikarang walaupun dalam covid dengan dukungan penuh dari gubernur dan dukungan dari menteri-menteri yang bersangkutan jadi sudah 65 persen menyelesaikan," kata Lee dalam konferensi pers West Java Investment Summit (WIJS) di Bandung, Senin (16/11/2020).

Lee mengungkapkan, bila sesuai  rencana maka awal akhir 2021 pihaknya sudah bisa mulai produksi lokal mobil Hyundai di Indonesia. Sementara pada 2022 akan mulai memproduksi mobil listrik untuk Indonesia.

"Tahun 2022 akan produksi mobil listrik dari Indonesia dan jual lokal," tegasnya.

Menurut Lee, alasan pihaknya memilih Jabar dikarenakan mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Selain itu, ia melihat infrastruktur di Jabar sudah cukup lengkap.

"Hyundai Motors sudah memutuskan membangun pabrik mobil termasuk mobil listrik. Pak Ridwan Kamil sudah belanja mobil listrik pertama di Indonesia, jadi saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Ridwan Kamil sebagai pak gubernur,” ujarnya.

“Ini memang bisa jadi kerja sama dengan swasta dan pemerintah memperkenalkan mobil listrik kepada masyarakat dan negara ini juga memang semacam perjanjian kuat dari Kang Emil," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Kendaraan Dinas Pemprov Jabar

Belum lama ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan tengah menyiapkan kebijakan baru terkait penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya di masa mendatang.

"Pemprov Jabar sedang menyusun kebijakan. Sekarang produksi (mobil listrik) sudah massal, maka mulai tahun depan itu pembelian mobil dinas wajib mobil listrik dan motor listrik," katanya kepada Liputan6.com.

Secara spesifik, Ridwan Kamil ingin menggandeng Hyundai dalam pengadaan mobil listrik bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. 

Sebelumnya, Ridwwan Kamil sempat menjajal langsung Hyundai Ioniq saat melakukan kunjungan kerja ke Garut.

Dari pengalaman tersebut, muncul gagasan bahwa mobil listrik akan segera menjadi kendaraan dinas bagi Aparatur Sipil Negara (AS) di Pemprov Jawa Barat.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini