Sukses

Surat Suara Pilkada Medan Tiba Lebih Cepat dari Perkiraan

Liputan6.com, Medan Surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2020 telah tiba pada Minggu, 15 November 2020. Surat suara yang datang sebanyak 1.643.175, dan saat ini disimpan di gudang eks Bandara Polonia Medan.

Kedatangan surat suara untuk Pilkada Medan 2 hari lebih cepat dari yang diperkirakan. Awalnya diperkirakan surat suara yang dikirim dari Percetakan Temprina Medi Grafika, Bekasi, Jawa Barat, tiba di Medan paling lama Rabu, 18 November 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan, Nana Minarti mengatakan, surat suara tersebut dibawa menggunakan truk tronton melalui jalur darat dari Bekasi menuju Medan. Pengiriman dikawal personel Polrestabes Medan.

"Saat tiba, langsung dilaksanakan proses bongkar muat," kata Nana, Senin (16/11/2020).

Pembukaan segel truk pembawa surat suara disaksikan pihak KPU Medan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Medan, Payung Harahap, dan pihak kepolisian. Pembukaan segel surat suara dilaksanakan Selasa, 17 November 2020.

"Hari ini dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyortiran dan pelipatan surat suara kepada 125 pekerja," terangnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Pelipatan Surat Suara

Diungkapkan Nana, setelah Bimtek dilaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara. Diperkirakan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pilkada Medan selesai 5 sampai 6 hari. Kemudian dilanjutkan dengan pengepakan.

"Surat suara dicetak sesuai jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT, yakni 1.601.001 pemilih ditambah 2,5 persen cadangan. Total 1.643.175 lembar," Nana menandaskan.

3 dari 4 halaman

Peserta Pilkada Medan

Pilkada Medan 2020 diikuti oleh 2 kontestan, yaitu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman. Untuk nomor urut pasangan calon (paslon) telah resmi ditetapkan oleh KPU Medan pada Kamis, 24 Mei 2020.

Pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat nomor urut 1, sementara Bobby Nasution-Aulia Rachman mendapat nomor urut 2. Penetapan nomor urut setelah KPU menggelar rapat pleno terbuka di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan.

Dalam Pilkada Medan, pasangan Bobby Nasution-Aulia Rachman didukung 8 partai, yaitu Golkar, NasDem, PDIP, PPP, PSI, Gerindra, Hanura, dan PAN. Sedangkan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi didukung 2 partai, PKS dan Demokrat.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: