Sukses

Bobby Nasution Temani Ganjar Pranowo Eksplorasi Kawasan Kota Tua Medan

Liputan6.com, Medan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dalam kunjungannya pada Minggu, 15 November 2020, Ganjar diajak Bobby Nasution untuk mengesplorasi kawasan Kota Tua Medan.

Eksplorasi dimulai dari Tip Top Restaurant, Jalan Ahmad Yani, Kesawan. Bobby menemani Ganjar icip-icip kuliner khas andalan restoran yang telah berdiri sejak 1929 itu. Bobby bahkan menemani Ganjar hingga ke dapur Tip Top.

Ganjar merasa takjub berdecak kagum. Ternyata alat panggang Tip Top masih mempertahankan alat yang pertama dipakai pada 1934 silam. Bahan bakar yang digunakan juga masih menggunakan kayu.

"Wah ini betul-betul unik. Medan punya heritage, tidak hanya gedung, ada cafe juga. Ini bisa jadi start up," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, soal gedung-gedung tua di Medan juga menarik dan layak dijual untuk mendatangkan wisatawan. Ganjar menyarankan kepada Bobby Nasution, yang berstatus calon Wali Kota Medan, tinggal di-make up saja, dan kebersihannya juga harus dijaga.

"Bisa ini dibuat seperti Kota Tua Semarang. Dipoles dikit, dibuat ruang kreasi anak-anak muda," ucapnya.

 

2 dari 4 halaman

Dialog dengan Pedagang

Selepas icip-icip menu andalan Tip Top, Bobby mengajak Ganjar jalan kaki berkeliling kota tua. Tujuan awal menuju Pajak Ikan Lama, salah satu kawasan yang banyak menjual kain. Di sana para pedagang menyapa Bobby dan Ganjar. Keduanya juga berdialog dengan sejumlah pedagang.

Selajutnya, Bobby dan Ganjar mengunjungi Lapangan Merdeka Medan, salah satu land mark Ibu Kota Provinsi Sumut. Di pendopo, ada sanggar tari yang sedang latihan. Ada juga komunitas pencinta kucing sedang kopi darat.

Di areal lain Lapangan Merdeka Medan, ada sekumpulan anak muda sedang main skate board. Melihat kedatangan Bobby dan Ganjar, anak-anak muda tersebut mengajak menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur Jateng melihat mereka latihan.

Berkeliling dari kawasan Kesawan hingga ke Lapangan Merdeka Medan, Ganjar melihat antusiasme anak-anak muda yang tidak kalah kreatif dengan anak muda di kota lain. Saat jalan-jalan, keduanya didampingi banyak influencer Kota Medan.

Saat jalan-jalan di Lapangan Merdeka, Ganjar menemukan fakta bahwa anak muda Medan perlu ruang kreasi. Terbukti, ketika bertemu dengan komunitas skate board, mereka mengeluhkan tidak punya skate park.

"Saya tadi dengar masukan permintaan dari anak-anak muda. Saya juga diskusi dengan Mas Bobby, tadi dia bilang bakal buat creative hub, itu keren, bagus," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Creative Hub

Bobby Nasution yang berstatus sebagai calon Wali Kota Medan nomor urut 2 menyambut baik keinginan anak-anak muda di Medan. Terkhusus untuk para skater, Bobby bakal melibatkan mereka untuk membangun skate park.

Soal creative hub yang akan dibangun jika terpilih jadi Wali Kota Medan, Bobby mengamininya. Target Bobby ke depan, di setiap kecamatan ada satu creative hub atau satu pusat kreasi anak muda dan masyarakat.

"Di sana nanti anak-anak muda, masyarakat umumnya juga bisa memanfaatkan. Ada ruang baca, sudut literasi, wifi gratis hingga sarana olahraga. Dengan kolaborasi, kita pasti bisa wujudkan," Bobby menandaskan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: