Sukses

Kawah Lumpur Panas Kesongo Blora Meletus

Kawah lumpur panas Kesongo di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan atau KPH Randublatung terletak di Petak 141 RPH Padas BKPH Trembes meletus pada Kamis (27/8/2020)

Liputan6.com, Blora - Kawah lumpur panas Kesongo di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan atau KPH Randublatung terletak di Petak 141 RPH Padas BKPH Trembes meletus pada Kamis (27/8/2020), sekitar pukul 05.30 pagi.

Menurut anggota Polhut di RPH Padas, Agus Rimbawanto, meletusnya Kesongo menakutkan. Dirinya saat kejadian, berada kurang lebih sekitar 1 KM dari lokasi.

"Saya takut mas, saya sampai pegangan kayu jati," kata Agus saat dihubungi Liputan6.com.

Agus menyampaikan, durasi letusan Kesongo sekitar 10 menitan. Dia bilang, sebelum-sebelumnya peristiwa yang terjadi tidak sekeras ini.

"Saya kaget juga Mas. Nggak ada apa-apa, nggak ada gejolak apa-apa, tahu-tahu ada suara gemuruh seperti bumi runtuh," kata dia.

Menurut Agus, fenomena alam di Kesongo hampir mirip seperti di bleduk kuwu Grobogan. Dia bilang, yang disemburkan Kesongo adalah gas.

"Informasi yang sudah-sudah, dan informasi dari sesepuh warga setempat, memang itu gas mas,"

Lebih lanjut, Agus menuturkan, sekitar 3 tahun yang lalu, di Kesongo sempat menewaskan seseorang. Terbaru hari ini, meskipun tidak ada korbannya, namun beberapa orang diketahui ada yang keracunan akibat kejadian ini.

Ardiles (42) salah seorang warga setempat saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kawah Kesongo meletus. Dia mengungkapkan, Kesongo sudah pernah meletus tapi tidak setiap tahun.

"Kepercayaan orang sini jika kesongo meletus ada sesuatu pada bulan laboh (kemarau)," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.