Sukses

Nikmatnya Menyantap Rujak Mi Palembang Saat Bosan Konsumsi Menu Daging Kurban

Liputan6.com, Palembang - Beragam jenis makanan khas Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) meramaikan perayaan Idul Adha. Seperti daging malbi, pindang tulang hingga bakso berbahan daging sapi, membuat kolesterol bisa mendadak naik.

Namun jika sudah bosan dengan beragam makanan berbahan daging kurban Idul Adha, ada salah satu jenis makanan yang mengenyangkan namun tidak membuat kolesterol naik.

Jenis makanan yang bisa disantap di pagi hari yaitu Rujak Mi Palembang. Namun rujak kali ini tidak menggunakan bumbu gilingan kacang tanah. Melainkan menggunakan cuko pempek.

Rujak mi Palembang sendiri terdiri dari mi kuning, potongan pempek Palembang, tahu goreng yang dipotong kotak, sayur tauge rebus hingga irisan timun.

Menu ini juga kerap disajikan warga Palembang di berbagai acara. Mulai dari acara khitanan, pesta ulang tahun hingga lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Menyantap rujak mi Palembang, wajib menggunakan kuah cuko Palembang dengan rasa pedas manis. Rasa rujak mi sendiri sangat nikmat dan mengenyangkan.

Suryana (66), warga Kecamatan Ilir Timur II Palembang mengatakan, dia sengaja menyajikan rujak mi Palembang saat Idul Adha.

Selain bahan-bahannya bisa didapat dengan harga terjangkau, dia juga bisa menyajikan rujak mi Palembang dengan jumlah yang banyak.

“Harga bahan-bahannya murah dan bisa dapat porsi banyak untuk rujak mi Palembang. Jadi sangat cocok untuk para tamu saya, terutama murid-murid saya yang datang ke rumah saat Idul Adha,” katanya, Minggu (2/8/2020).

Saat menyediakan 20 porsi rujak mi Palembang ini, dia tak butuh waktu lama. Karena mi kuning dan timun hanya dicuci bersih saja. Sedangkan sayur tauge cukup direbus hingga masak.

 

2 dari 3 halaman

Menu Idul Adha

Sedangkan tahu putih yang dipotong kotak-kotak, digoreng hingga kekuningan saja. Sedangkan pempek Palembang, sudah dibuatnya satu hari sebelum perayaan Idul Adha.

“Kalau pempek Palembang, hanya dibutuhkan sedikit saja untuk melengkapi bahan rujak mi Palembang. Harus dipotong dulu, lalu digoreng dan siap dicampur dalam bahan rujak mi Palembang,” katanya.

Selain harganya murah dan pembuatannya mudah, Suryana juga memilih menu rujak mi karena makanan khas Palembang ini cukup mengenyangkan.

“Satu atau dua porsi rujak mi Palembang sudah mengenyangkan. Karena pempek Palembang dan mi kuningnya kan berasal dari bahan tepung,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :