Sukses

Normal Baru, 3 Maskapai Kembali Terbang dari Bandara Kertajati

Liputan6.com, Majalengka - Kesiapan Bandara Kertajati Majalengka memasuki era normal baru terus dilakukan. Dari informasi yang didapat, ada tiga maskapai penerbangan yang siap beroperasi dari Bandara Kertajati Majalengka.

Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan, kesiapan Bandara Kertajati menyongsong era normal baru sudah lama. Ada juga maskapai yang terbang kembali dari bandara ini, seperti Lion Air, Citilink, Air Asia dan Malaysia Airlines.

"Ada 17 jadwal penerbangan dari tiga maskapai yang beroperasi di Bandara Kertajati. Mudah-mudahan lancar," kata Salahudin, Kamis (9/7/2020).

Dia menyebutkan, untuk maskapai Malaysia Airlines terdapat dua kali penerbangan dalam sepekan dari Bandara Kertajati. Sebelumnya, Malaysia Airlines terbang perdana dengan rute Kuala Lumpur-Kertajati dan sebaliknya.

Penerbangan sempat berhenti lantara pandemi virus covid-19 telah menyebar hampir ke seluruh negara di Asia. Dia menyebutkan, pada penerbangan perdana, pesawat Malaysia Airlines mendarat mulus.

"Pesawat Malaysia Airlines membawa 71 penumpang mendarat pukul 19.45 WIB waktu itu," ujar dia.

Kemudian, dari Bandara Kertajati, pesawat Malaysia Airlines membawa 171 penumpang. Sebagian dari penumpang Malaysia Airlines adalah jemaah umrah.

Namun demikian, dalam operasionalnya, Bandara Kertajati mengedepankan protokol kesehatan. Seperti penyediaan hand sanitizer, wajib bermasker hingga penyediaan tempat cuci tangan.

2 dari 3 halaman

Platform Digital

"Kami sudah siap melayani penumpang dan pesawat untuk beroperasi di era new normal," ujar dia.

Selain protokol kesehatan, Bandara Kertajati mengubah fasilitas layanan publik dengan tanpa sentuhan tangan. Fasilitas hand sanitizer hingga tempat cuci tangan semua dibuat portabel.

Seperti halnya bandara-bandara kelolaan PT Angkasa Pura II, Kertajati pun mengimplementasikan pelayanan berflatform digital sehingga mereduksi kontak fisik.

"Dalam konteks pemeriksaan kesehatan dan dokumen perjalanan terkait kesehatan, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan juga selalu siap melayani," ujar Rafi.

Untuk mendukung mobilitas calon penumpang, manajemen Perum DAMRI menyatakan siap mengoperasikan bus di rute Kertajati ke sejumlah destinasi.

Dia mengaku optimistis penerbangan akan segera pulih di era new normal.

"Apalagi perekonomian dan pariwisata di Majalengka serta daerah sekitarnya mulai menggeliat, menjadi sinyal positif kebangkitan penerbangan di Bandara Kertajati," dia memungkasi.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: