Sukses

Detik-Detik Aksi Percobaan Bunuh Diri Seorang Wanita Berhasil Digagalkan

Liputan6.com, Medan - Suasana menegangkan mewarnai salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Thamrin, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) saat seorang wanita mencoba mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Kapolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, 20 Juni 2020. Saat itu wanita berinisial WA (23) mencoba bunuh diri, namun berhasil digagalkan oleh teman-temannya beserta petugas keamanan di pusat perbelanjaan.

"Wanita yang mencoba bunuh diri merupakan warga Jalan Amal Luhur, Lingkungan VIII, Gang Rejo, Helvetia," kata Faidir, Selasa (23/6/2020).

Sebelum aksi percobaan bunuh diri dilakukan, wanita tersebut diketahui datang ke pusat perbelanjaan bersama 2 orang temannya warga Kota Binjai. Mereka ke pusat perbelanjaan untuk jalan-jalan setelah 3 bulan berada di rumah akibat pandemi COVID-19.

WA berusaha bunuh diri dengan cara melompat dari eskalator. Melihat hal itu, 2 orang temannya langsung menahan. Begitu juga dengan petugas keamanan pusat perbelanjaan yang ada langsung mengangkat WA dan mengamankannya dari ekskalator.

"Ketika turun eskalator menuju lantai 7, sekitar pukul 16.30 WIB, wanita tersebut mencoba melompat. Aksinya berhasil digagalkan teman-temannya, kemudian ditarik petugas keamanan," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Keterangan Keluarga

Terkait peristiwa tersebut, WA kemudian diserahkan pihak keamanan pusat perbelanajaan ke Polsek Medan Area, dan selanjutnya pihak keluarga dipanggil. Berdasarkan keterangan keluarga, diketahui WA sedang dalam kondisi tidak sehat.

"Wanita ini sakit sejak 3 bulan lalu, selalu kebingungan dan merasa diganggu mahluk halus. Sudah dibawa pulang keluarga, dan janji akan menjaga serta mengobati WA," terangnya.

Diungkapkan Faidir, aksi bunuh diri di pusat perbelanjaan tersebut sudah berulang kali terjadi. Terkait hal tersebut, pagar pembatas lantai sudah ditinggikan oleh pihak pengelola pusat perbelanjaan.

"Di situ, petugas sekuriti terus berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan bersama," Faidir menandaskan.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: