Sukses

Dekat Ibu Kota Baru Negara, Pemprov Sulbar Lirik Potensi Kepulauan Balabalakang

Liputan6.com, Mamuju - Kepulauan Balabalakang merupakan gugusan pulau terluar Sulawesi Barat, yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Mamuju. Kepulauan itu sering disebut sebagai surga tersembunyi di Selat Makassar, karena memiliki potensi laut dan pariwisata yang luar biasa.

Saat ini, Pemprov Sulawesi Barat mulai melirik potensi yang ada di Kepulauan Balabalakang, apalagi posisi gugusan pulau itu sangat strategis, dekat dengan daerah persiapan calon ibukota negara yang baru. Ke depannya, Balabalakang dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan masyarakat.

"Kepulauan Balabalakang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Kita akan rancang pulau-pulau ini untuk menjemput ibu kota negara baru yang lebih dekat dari kita," kata Sekertaris Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Idris kepada Liputan6.com, Selasa (16/06/2020).

Bahkan, beberapa hari yang lalu, pasca kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke Balabalakang, Pemprov Sulawesi Barat melakukan rapat terkait hasil kunjungan kerja disana. Mereka berfokus pada perumusan kebijakan dari hasil kunjungan untuk megidentifikasi rencana kerja pemprov kedepan.

"Rumusan kebijakan tentu lebih murni disampaikan oleh kawan-kawan OPD yang menetap dan melakukan survei pendahuluan disana. Karena, nantinya akan dimasukkan dalam program berbasis anggaran," tutur Idris.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulawesi Barat, M Natsir mengatakan, gugusan pulau yang ada di Balabalakang akan menjadi pulau masa depan Sulawesi Barat. Terdapat 12 pulau yang sangat potensial pada sektor perikanan dan pariwisata.

"Perlu adanya pengelolaan dan pengembangan yang terpadu dan terintegrasi antara pemerintah kabupaten, provinsi, dan nasional untuk mengembangkan Kepulauan Balabalakang," kata Natsir.

Lanjut Natsir, selain menyambut kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan di Balabalakang, pemprov juga melakukan pemetaan terhadap potensi kelautan dan perikanan dalam rangka menyusun program pengembangan wilayah kepulauan.

"Kunjungan itu, untuk memastikan letak geografis Kepulauan Balabalakang dengan peta wilayah yang dimiliki Mamuju dan Sulbar, juga menggali aspirasi dan harapan masyarakat terhadap hal-hal yang menunjang dalam aktivitas mereka," tutup Natsir.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: