Sukses

Detik-Detik Puting Beliung Menyapu dan Memorakporandakan Desa di Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Sebanyak delapan unit rumah warga di Desa Bangga, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Gorontalo rusak parah akibat terjangan puting beliung. Dari delapan itu, satu di antaranya rusak total.

Informasi yang diperoleh Liputan.com, peristiwa itu terjadi sekitar Pukul 10.50 WITA, Jumat (29/05/2020). Angin yang disertai hujan lebat membuat rumah warga porak-poranda.

Akibatnya, dua orang warga, terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas setempat akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Sementara warga lainnya mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Seorang warga, Heru Djibu menyebutkan, angin puting beliung tersebut datang secara tiba-tiba dan langsung menyapu pemukiman mereka. Tidak hanya rumah, bangunan sekolah pun sebagian juga ikut roboh.

"Kami mengira hanya hujan deras biasa, ternyata disertai angin kencang," tuturnya Heru Djibu warga sekitar.

Sementara Camat Paguyaman Pantai Steve Dj. Ahaliki saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian itu. Saat ini kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi intens dengan Pemerintah Kabupaten Boalemo.

"Saat ini, kita masih melakukan pendataan berapa kerugian akibat bencana tersebut,” kata Camat Steve Dj. Ahaliki, Sabtu,(30/05/2020).

Steve mengatakan selain telah menghantam permukiman warga, angin puting beliung tersebut juga mengakibatkan aliran listrik padam. Hingga kini, petugas PLN masih memperbaiki kerusakan yang terjadi.

“Saya berharap, masyarakat tidak mengalami trauma dengan kejadian ini. kita akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, bagaimana bantuan bisa segera tersalurkan,” dia beraharap.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut: