Sukses

Masjid Raya Medan Gelar Salat Tarawih di Tengah Pandemi COVID-19, Berjalan Khusyuk

Salat tarawih di Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al-Mashun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), tetap digelar di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Malam pertama pelaksanaan tarawih Ramadan 1441 Hijriah berjalan khusyuk.

Liputan6.com, Medan - Salat tarawih di Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al-Mashun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), tetap digelar di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Malam pertama pelaksanaan tarawih Ramadan 1441 Hijriah berjalan khusyuk.

Tampak ratusan jemaah melaksanakan salat tarawih di masjid yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota tersebut. Para jemaah yang salat dari berbagai jenis usia, orang tua, anak muda, hingga anak-anak.

Imam Masjid Raya Medan, Zaini Hafiz mengatakan, pada pelaksanaan salat tarawih tahun ini tidak ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, meski pada tahun ini pelaksanaannya di tengah pandemi COVID-19.

"Hanya saja, ayatnya kita buat pendek-pendek," katanya usai salat tarawih, Kamis (23/4/2020).

Dijelaskan Zaini, sebelum memutuskan untuk tetap melaksanakan salat tarawih, pihak Badan Kenaziran Masjid (BKM) sudah menyurati berbagai pihak, seperti Polsek Medan Kota, Camat, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Lurah.

"Tujuannya minta petunjuk, dan setuju dilaksanakan salat tarawih dan salat jumat seperti biasa," jelasnya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Berkurang

Diakuinya, di tengah pandemi COVID-19 jumlah jemaah berkurang dibandingkan suasana normal. Sebab, sudah banyak para jemaah yang memutuskan untuk tetap beraktifitas dan beribadah di rumah masing-masing.

"Kalau jemaah salat di sini (masjid) kita juga imbau pakai masker," ungkapnya.

Meski tetap melaksanakan salat tarawih, pihak BKM tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 di areal masjid. Misalnya, sebelum masuk ke dalam Masjid Raya Medan, para jemaah diharuskan melewati bilik disinfektan.

"Kemudian wajib mencuci tangan dan gunakan masker," Zaini menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.