Sukses

Berstatus PDP Corona COVID-19, Seorang Balita Meninggal Dunia di RS Adam Malik

Liputan6.com, Medan Seorang balita (bayi di bawah lima tahun) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Balita berusia 2,5 tahun meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona COVID-19.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, balita tersebut baru masuk dan menjalani perawatan di rumah sakit yang terletak di Jalan Bunga Lau, Medan Tuntungan, pada Sabtu, 11 April 2020, pukul 16.00 WIB.

Tidak lama menjalani perawatan atau pada Minggu (12/4/2020) dini hari WIB, balita tersebut meninggal dunia. Balita 2,5 tahun berjenis kelamin perempuan tersebut meninggal dunia sekitar pukul 03.00 WIB menjelang subuh.

"Masuk ke rumah sakit tanggal 11 April 2020 jam 4 sore, meninggal dunia jelang subuh tadi," kata Rosario.

Dijelaskannya, kondisi balita saat tiba di RSUP Haji Adam Malik sudah menunjukkan gejala mengarah pada virus Corona COVID-19, sehingga statusnya PDP. Namun, pihak rumah sakit tidak melakukan rapid test atau skrining awal dan langsung melakukan pemeriksaan swab.

"Pasien punya riwayat penyakit jantung. Selain itu punya gejala lain yang mengarah ke COVID-19," jelas Rosario.

Terkait meninggalnya balita tersebut, saat ini di RSUP Haji Adam Malik, menjadi kasus pertama PDP meninggal dunia dengan korban anak. Sejauh ini jumlah PDP virus Corona COVID-19 yang meninggal dunia di rumah sakit tersebut 2 orang.

Sementara itu, berdasarkan Instagram @rsupham, jumlah PDP yang dirawat sebanyak 10 orang, pasien positif virus Corona COVID-19 ada 3 orang, PDP meninggal dunia 2 orang. Sedangkan pasien positif virus Corona COVID-19 meninggal dunia 3 orang dan pasien sembuh 8 orang.

 

2 dari 3 halaman

Pasien Sembuh dari COVID-19

Kabar baik terkait virus Corona COVID-19 datang dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Jika sebelumnya pasien positif dinyatakan telah sembuh sebanyak 8, kali ini bertambah 1 lagi pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah mengatakan, sejauh ini sudah ada 9 pasien positif virus Corona COVID-19 di Sumut yang telah dinyatakan sembuh.

"Bertambah 1, total 9 yang sudah sembuh dari COVID-19," kata Aris, dalam konferensi pers live streaming melalui kanal YouTube, sore tadi.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: