Sukses

Kutai Kartanegara Pasang Stiker di Rumah ODP

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Cara berbeda dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menangani penyebaran Virus Corona Covid-19. Tak hanya mengkarantina warga dengan status Orang Dengan Pemantauan (ODP), namun juga membuat stiker khusus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Kartanegara Martina Yulianti mengakui pihaknya serius menangani pandemi ini mulai dari warga berstatus ODP. Warga dengan status itu diminta isolasi secara mandiri dan juga disediakan tempat khusus.

“Kita sediakan sejumlah tempat jika isolasi secara mandiri di rumah sulit dilakukan,” kata Martina, Minggu (29/3/2020).

Untuk ODP yang memilih isolasi mandiri di rumah, kata Martini, pihaknya sepakat untuk memasang stiker. Stiker ini menjelaskan status warga yang diisolasi, termasuk waktu dimulainya isolasi dan berakhir.

“Itu memang merupakan hasil kesepakatan dan jadi kebijakan dari gugus tugas kemudian mendapat persetujuan. Kita lakukan untuk menjamin agar para ODP yang mengisolasi diri secara mandiri di rumah itu patuh dan tidak menularkan kepada yang lain,” katanya.

Selain itu, sambung Martina, masyarakat juga bisa membantu mencegah penularan dengan memastikan isolasi di sekitar lingkungan mereka berjalan dengan baik. Petugas kesehatan juga mudah memantau aktivitas para ODP dan rutin memeriksa kesehatannya.

“Agar masyarakat setempat, terutama pak RT tahu bahwa di sini ada isolasi rumah, jadi sama-sama harus kita jaga agar tidak ada penularan baru,” tambah Martina.

Jika ada gejala klinis, petugas medis akan membawa warga ODP untuk diisolasi di ruangan khusus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pengawasan ketat mulai dari lingkungan masing-masing diharapkan bisa membantu mencegah penularan Covid-19.

Disamping itu, kata Martina, upaya-upaya isolasi mulai dari warga berstatus ODP diharapkan mampu menggugah masyarakat yang selama ini meremehkan penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya ini.

“Kita harapkan masyarakat yang menganggap ini sepele, agar berubah pikirannya dan jadi kewaspadaan bersama,” kata Matina.

Warga Kutai Kartanegara sendiri yang terkonfirmasi positif Virus Corona Covid-19 saat ini sebanyak satu pasien. Pasien ini merupakan bagian dari klaster KPU.

Simak juga video pilihan berikut: