Sukses

Plt Wali Kota Medan Berencana Jadikan Pendopo Lapangan Merdeka Galeri Seni

Liputan6.com, Medan Kondisi Lapangan Merdeka Kota Medan saat ini menjadi sorotan Akhyar Nasution. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan ini punya rencana merevitalisasi pendopo salah satu ruang publik ini sebagai galeri seni.

Akhyar juga berjanji akan menjadikan Lapangan Merdeka Medan menjadi lebih berseni ke depan. Salah satunya pendopo Lapangan Merdeka dijadikan sebagai galeri foto dan lukisan.

"Saya mohon izin dan dukungan, supaya komunitas fotografi dan pelukis di Medan punya wadah bersama untuk menggelar pameran," kata Akhyar di acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan, Jumat, 13 Maret 2020.

Akhyar tidak begitu menjelaskan kapan rencana tersebut akan direalisasikan. Namun, pembangunannya dipastikan tidak akan mengurangi luas pendopo Lapangan Merdeka yang ada seperti saat ini.

"Persiapan, tahap tender. Bagi yang ingin membantu membangun Kota Medan, ayo kita dialog," ucapnya.

Plt Wali Kota Medan meminta kepada semua pihak untuk menjaga dan sama-sama merawat Kota Medan, terutama sarana dan prasarana yang sudah ada. Lapangan Merdeka salah satunya, harus dijaga.

"Jangan merusak, karena Lapangan Merdeka ini milik kita semua," ujarnya.

Akhyar juga mengapresisasi karya-karya anggota PFI Medan yang dipamerkan di Lapangan Merdeka Medan. Menurutnya, karya-karya PFI jadi otokritik demi menjadikan Medan menjadi lebih cantik.

"Mari sama-sama kita bikin cantik Medan," ajaknya.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, berharap para pewarta foto semakin kuat demi kepentingan masyarakat. Diungkapkannya, sejauh ini karya anggota PFI Medan sudah diakui di kancah nasional bahkan internasional.

"PFI juga kerap ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial, seperti untuk penggalangan dana untuk anak-anak penderita kanker hingga korban bencana alam," Rahmad menandaskan.