Sukses

Realisasi Revitalisasi Rumah Cimanggis

Bangunan cagar budaya Rumah Cimanggis yang berada di Depok memasuki tahap revitalisasi.

Liputan6.com, Depok - Bangunan cagar budaya Rumah Cimanggis yang berada di Komplek RRI, Cimanggis, Jawa Barat kini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Kesan tak terurus menempel di bangunan tua yang mewah pada masanya itu.

Ketua Depok Heritage Community, Ratu Farah Diba membawa angin segar untuk menyelamatkan Rumah Cimanggis. Ia mengatakan, bangunan cagar budaya Rumah Cimanggis telah memasuki tahap revitalisasi.

"Rumah Cimanggis saat ini sedang dalam proses revitalisasi, penyusunan DED (Detail Enginering Design) sudah selesai," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 7 Februari 2020.

Ratu menjelaskan, pada tahun 2019 lalu diadakan penyusunan terkait rencana masa depan dari Rumah Cimanggis. lalu pada tahun ini lah rencana tersebut mulai direalisasikan.

"Sedang menunggu perizinan dan pemugarannya. Tentunya ketika sudah menjadi cagar budaya bangunan tersebut harus dilakukan perawatan. Rumah Cimanggis selain mendapatkan perawatan dari Pemkot Depok juga akan direvitalisasi oleh pemiliknya," ujarnya.

Selain itu, Ratu juga berharap agar tempat yang dulunya dihuni oleh petinggi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), Albertus van Der Parra yang diserahkan kepada istri keduanya, Yohanna van Der Parra agar dijadikan museum mini.

"Depok itu kurang bahan (koleksi) untuk dijadikan museum, kurangnya peninggalan, dan butuh waktu lama untuk mencari, jadi rencananya akan dibuat museum mini saja," kata dia.

Diketahui, Rumah Cimanggis merupakan cagar budaya berdasarkan Keputusan Wali Kota Depok, Mohammad Idris bernomor : 593/289/Kpts/Disporyata/Huk/2018.

Penulis: Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.