Sukses

Wujudkan 'Smart City', 11 Lokasi di Ambon Sediakan Wifi Gratis

Liputan6.com, Ambon - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan uji coba wifi gratis di 11 lokasi untuk mewujudkan Ambon smart city.

"Uji coba wifi gratis sementara dilakukan di 11 lokasi dan direncanakan awal Februari 2020 wifi id aman diaktifkan tidak menggunakan 'user name atau password'," kata Kepala dinas Komunikasi Informatika dan Persandian kota Ambon, Joy Reiner Adriaanzs, di Ambon, Senin, 27 Januari 2020.

"Wifi gratis merupakan kerja sama Pemkot Ambon dan PT Telkom mewujudkan Ambon smart city," ujarnya.

Ia menyatakan, 11 lokasi yang diuji coba dari 15 titik di kota Ambon di antaranya tribun lapangan Merdeka, area Kantor KONI kota Ambon, monumen Pattimura, taman Pattimura, taman depan balai kota, parkiran balai kota, lokasi kantor Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala dan Teluk Ambon.

Selain itu, di taman Patung Leimena, taman Karpan, kuliner Tapal Kuda, pantai Amahusu, kantor Disdukcapil dan halaman DPRD Kota Ambon.

Menurutnya, penambahan akses wifi id gratis merupakan tindak lanjut apresiasi PT Telkom mewujudkan Ambon smart city.

"Masyarakat dapat mengakses internet di sejumlah lokasi tanpa user name dan password, tetapi langsung aktif," ujarnya, dilansir Antara.

Selain itu, juga akan dilakukan penambahan kecepatan layanan di empat lokasi yang awalnya 20 mbps menjadi 50 mbps.

Selama ini, akses internet khususnya jaringan wifi baru sebatas kawasan perkantoran dan pusat pendidikan, sedangkan fasilitas umum belum terjangkau masyarakat secara gratis.

"Masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa kesulitan mengakses internet gratis, sehingga harus ke warnet dan mengeluarkan biaya tidak sedikit, sehingga kita berupaya menyiapkan akses wifi id gratis," jelas Joy.

 

Akhmad Mundzirul Awwal/PNJ.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjuangan Merealisasikan Smart City Pemkab Siak
Artikel Selanjutnya
Qlue Raih Penghargaan Best IoT Startup