Sukses

Kondisi Terkini Korban Banjir Bandung Akibat Luapan Sungai Citarum

Liputan6.com, Bandung - Banjir akibat hujan deras yang menyebabkan Sungai Citarum meluap sejak beberapa hari terakhir, selain menyebabkan kerusakan fasilitas umum, juga membuat aktivitas warga terganggu. Bantuan untuk korban banjir dari warga Kabupaten Bandung terus mengalir.

Bantuan kali ini datang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, antara lain berupa makanan, pakaian, selimut, hingga obat-obatan.

"Kami ditugaskan oleh Bapak Gubernur (Ridwan Kamil) khususnya menengok para pengungsi, jadi kami datang ke sini dan juga membantu para pengungsi. Kami kirim mi instan, air mineral, selimut, pakaian, dan logistik lainnya yang dibutuhkan oleh warga," kata Penjabat Sekretaris Daerah Jabar Daud Achmad saat mengunjungi korban terdampak banjir di Sekretariat Posko Siaga Darurat Banjir, Kecamatan Baleendah, Senin (27/1/2020).

Daud pun menambahkan, saat ini pihaknya fokus memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir selain upaya pencegahan banjir yang terus dilakukan.

Adapun sebanyak 300 warga berada di posko pengungsian sejak tiga hari lalu. Banjir akibat curah hujan yang tinggi membuat mayoritas warga Baleendah itu harus bertahan di pengungsian hingga air yang merendam sebagian rumahnya surut.

Daud juga memastikan bahwa Pemprov Jabar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemda Kabupaten Bandung serta TNI/Polri dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Provinsi Jabar akan selalu siaga membantu warga.

"Yang jelas bahwa kami tadi berkoordinasi dengan BPBD Jabar dan Kabupaten Bandung semua siaga, kemudian kita juga melakukan evakuasi kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan. Jadi prioritas adalah menyelamatkan warga," ujarnya.

"Kepada warga yang terdampak, kami berharap untuk bersabar menghadapi musibah dan yang jelas pemerintah akan selalu siaga membantu masyarakat," kata Daud menambahkan.

2 dari 3 halaman

Kapolda dan Pangdam Tinjau Banjir

Terpisah, Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, memantau langsung beberapa titik lokasi banjir di wilayah Kabupaten Bandung.

Salah satu kawasan yang ditinjau oleh rombongan adalah Kampung Bojongasih, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot dan Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah yang dilanda banjir karena luapan Sungai Citarum. 

Banjir ini merupakan banjir rutin yang kerap terjadi di kawasan permukiman padat penduduk jika turun hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari ke belakang.

Kapolda Jabar bersama Pangdam III/Siliwangi juga turut menyalurkan secara langsung bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat yang terdampak banjir di Dayeuhkolot, dengan memakai perahu menyusuri lokasi yang terdampak banjir.

"Bahwa melalui posko bencana alam banjir, pihak kepolisian terus melaksanakan monitoring langsung kondisi yang terdampak sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan disekitar lokasi bencana banjir," ucap Rudi.

 

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Rentetan Longsor dan Banjir di Bandung Raya Usai Hujan Seharian
Artikel Selanjutnya
Nostalgia Baladewa Lewat Lantunan Mahakarya Dewa 19