Sukses

16.945 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Bandung

Hujan deras yang berlangsung terus menerus selama dua hari terakhir menyebabkan Sungai Citarum meluap.

Liputan6.com, Bandung - Banjir kembali melanda wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hujan deras yang berlangsung terus menerus selama dua hari terakhir menyebabkan Sungai Citarum meluap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat, sekurangnya empat kecamatan terendam banjir sejak Kamis (23/1/2020) hingga Jumat (24/1/2020).

"Jumlah rumah terendam banjir di tiga kecamatan 5.142 KK atau 16.945 jiwa," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin.

Enjang bilang tiga kecamatan yang masih terendam yakni Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Menurutnya, ketinggian genangan banjir di wilayah tersebut beragam. Mulai dari 10 sentimeter hingga 140 sentimeter.

Selain membuat ribuan warga terdampak, banjir di Kabupaten Bandung ini membuat ratusan orang mengungsi. Titik pengungsian berada di selter Desa Dayeuhkolot dan Gedung Inkanas Baleendah.

"Pengungsi warga Dayeuhkolot dan Baleendaah ada 63 KK, 193 jiwa, 22 lansia, 10 balita dan 1 bayi," katanya.

Penanganan korban banjir terus dilakukan BPBD. Tim BPBD bersiaga di Posko Baleendah dengan 10 personel yang dipimpin oleh Kasi Logistik. Sedangkan petugas Pusdalops siaga dengan jumlah lima orang.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.