Sukses

Menikmati Syahdunya Siluet Temaram Penari Kecak di Pantai Pandawa

Liputan6.com, Badung - Bali terkenal sebagai salah satu pulau yang masih sangat menjunjung tinggi adat dan budaya. Pengunjung akan merasakan suasana yang berbeda jika berada di pulau ini. Suasana inilah yang membuat Bali menjadi tempat wisata menarik untuk didatangi walaupun sudah berkali-kali mengunjunginya.

Liburan ke Bali rasanya belum lengkap jika tak menonton pertunjukan tari kecak. Pagelaran seni khas Pulau Dewata ini benar-benar istimewa karena digelar pada sore menjelang malam. 

Perpaduan antara pemandangan sunset yang eksotis dan tari kecak membuat penonton begitu menikmati pertunjukan tari tradisional ini. Dengan latar belakang matahari tenggelam, setiap gerakan melahirkan siluet temaram. 

Sekitar 28 laki-laki bertelanjang dada itu menyanyikan lagu Bali. Mereka duduk di tengah tempat pagelaran tari kecak berlangsung. Selama gerak itu pula, suara akapela dari 28 penari ini terus menggema memberikan aura berbeda kepada para penonton.

Tari kecak biasanya disebut sebagai tari cak atau tari api yang berasal dari ritual Sanghyang. Ritual Hyang yaitu tarian yang bercampur dengan tradisi di mana penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar. 

Pertunjukan ini diawali dengan kegiatan sembahyang di tempat pertunjukan yang dipimpin Pedande, sebutan buat seorang pemuka agama. Ritual singkat ini menjadi bagian dari persiapan untuk meminta restu dari Sang Pencipta.

Selepas Pedande memberikan pemberkatan dengan air suci yang diperoleh melalui persembahyangan, pertunjukan pun dimulai dengan iringan suara khas para penari pendukung.

"Sebelum pertunjukan, kami harus ritual terlebih dahulu karena tari kecak enggak sembarangan dan berurusan langsung dengan api," ujar salah satu penari saat diwawancarai oleh Liputan6.com.

Tarian ini melegendakan kisah cerita dari sebuah kisah Ramayana dengan gaya Hindu yang dibalut dalam budaya Bali dan menjadi pedoman ekspresi kehidupan masyarakat Hindu Bali.

Ketika matahari tenggelam di garis cakrawala, rona senja pun terlihat makin pekat. Seketika itu pula para penari kecak dan tokoh Hanoman di panggung pementasan tari kecak semakin heboh dalam memainkan aksi panggungnya.

Tak luput pula kamera ponsel pengunjung menengadah ke atas langit untuk mengabadikan momen istimewa nan fotogenik dari pertunjukan tari kolosal ini.

"Menikmati keduanya di Pantai Pandawa, Badung, Bali. Luar biasa, tari kecaknya keren dan sunset-nya eksotis. Enggak ada duanya deh," ucap Rodhiyah, penonton tari kecak di Pantai Pandawa.

 

Nadiyah Fitriyah / PNJ

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tari Kecak Masuk Kurikulum Mahasiswa Seni Melbourne