Sukses

SAR dan Brimob Siagakan Tim di Pangandaran Jelang Malam Pergantian Tahun

Liputan6.com, Bandung Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung Deden Ridwansah mengatakan, dua objek wisata yang jadi fokus kesiapsiagaan pihaknya yaitu Pantai Pangandaran dan Pantai Santolo. Tim SAR menggelar patroli sebagai kesiapsiagaan di dua lokasi objek wisata tersebut.

“Kantor SAR Bandung menerjunkan tim di dua objek wisata yang kerap di kunjungi masyarakat yaitu, Pantai Pangandaran dan Pantai Santolo,” kata Deden, Selasa (31/12/2019).

Menuutnya, diturunkannya tim SAR ke Pangandaran dan Santolo untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan SAR  pada perayaan tahun baru.

Desen menjelaskan, pantauan wisatawan di Pantai Pangandaran sejak pukul 07.00 WIB cukup ramai dengan info kejadian nihil. Adapun cuaca di daerah Pantai Pangandaran terpantau cerah dengan gelombang cukup tinggi dan dan angin yang cukup kondusif untuk melakukan kegiatan di sekitar pantai.

Sedangkan kendaraan pengunjung terpantau mulai memadati area sekitar objek wisata yang diperkirakan puncaknya terjadi pada malam tahun baru.

Untuk memperlancar lalu lintas agar tetap kondusif, lanjut Deden, diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way untuk mengurai kemacetan.

Adapun pantauan di Pantai Santolo sejak pukul 08.00 WIB, area sekitar objek wisata  pantai di Kabupaten Garut ini mulai padat oleh pengunjung dan kendaraan pengunjung dengan info kejadian kecelakaan nihil.

“Pantai Santolo Garut terpantau kondusif dengan cuaca cerah dan tinggi gelombang serta angin yang cukup kondusif untuk melakukan kegiatan di sekitar pantai,” ujar Deden.

Sementara itu, Satuan Brimob Polda Jabar menyiapkan dua regu SAR dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan liburan menyambut tahun baru 2020.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Komisaris Besar Asep Saepudin mengatakan, pembagian regu SAR difokuskan di dua titik yakni di Pantai Cirebon dan di Pantai Pangandaran.

"Ini menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pascabencana yang dilaksanakan dengan cepat dan tepat sasaran, efektif dan efisien," kata Asep.

Simak video pilihan di bawah ini: