Sukses

Belasan Ular Kobra Bermunculan di Permukiman Warga di Purwakarta

Liputan6.com, Purwakarta - Warga di Jalan Lodaya 13, Kampungbaru RT49/05, Kelurahan Nagrikidul, Purwakarta, dibuat heboh dengan kemunculan belasan ekor ular kobra

Mendengar kabar itu, Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta langsung mengevakuasi ular kobra yang diduga baru menetas tersebut.

"Ularnya berjumlah 13," kata Kepala DPKPB Purwakarta, Wahyu Wibisono, Kamis (12/12/2019).

Wahyu menyebut, ular-ular itu diduga muncul akibat pergantian cuaca. Dirinya juga mengimbau agar warga tetap waspada saat berada di lokasi yang disinyalir menjadi tempat bersarangnya ular kobra berbisa itu.

"Terlebih warga yang rumahnya berada dekat dengan kebun atau semak-semak," kata Wibi.

 

2 dari 3 halaman

Sebelumnya di Jember

Puluhan ular kobra masuk di rumah warga yang berada di Perumahan Tegalbesar Permai 1 Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kondisi ini membuat warga resah dan ketakutan.

"Beberapa rumah warga sudah dimasuki ular kobra kecil, sehingga banyak yang ketakutan dan melaporkan kejadian tersebut ke petugas pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata Sri, salah seorang warga di di Perumahan Tegalbesar Permai 1 Jember, Jumat, 29 November 2019.

Teror puluhan ular kobra tersebut meresahkan warga karena masuk ke dalam kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur yang sudah berjalan hampir sepekan. Bahkan, sebagian warga terpaksa membunuh ular kobra yang mencoba masuk ke rumah mereka.

"Warga menemukan sisa telur ular yang pecah di selokan dan ada bekas kulit ular, sehingga ada kemungkinan induk ular itu berkembang biak di salah satu tempat di perumahan," tuturnya seperti dikutip dari Antara.

Ia meminta bantuan warga lain untuk melihat di sekitar rumahnya dan diketahui induk ular kobra tersebut berada di rumahnya. Namun, kulit telur-telur ular kobra tersebut berada agak jauh dari rumahnya, sehingga anak-anak ular kobra berkeliaran di perumahan.

"Induk ular tersebut panjangnya sekitar 2 meter dan ukurannya sebesar lengan orang dewasa. Petugas PMK segera menangkapnya dan diduga itu merupakan induk dari puluhan ular kobra yang berkeliaran di kawasan Perumahan Tegalbesar Permai 1," katanya.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Belasan Ular Kobra Teror Tiga Desa di Rembang
Artikel Selanjutnya
Warga Sigi Kaget Hadap-hadapan dengan Ular Kobra dalam Rumahnya