Sukses

Gibran Rakabuming Akan Daftar Cawalkot Solo Lewat PDIP Jawa Tengah

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka keukueh untuk maju sebagai calon wali kota dalam Pilwalkot Solo. Setelah DPC PDIP Solo menutup pintu, Gibran bakak mendaftar sebagai calon wali kota melalui DPD PDIP Jawa Tengah

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, bertekad bulat untuk tetap maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP. Meskipun DPC PDIP Solo telah mengajukan pasangan Purnomo-Teguh, namun bos Markobar itu akan mendaftar melalui DPD PDIP Jawa Tengah.

"Saya (mendaftarnya) di Semarang  (DPD PDIP Jawa Tengah)," kata Gibran saat menjawab pertanyaan awak media terkait rencana pendaftaran sebagai  calon Wali Kota Solo usai menjadi pembicara Talkshow Bisnis F&B di The Sunan Hotel Solo, Selasa, 12 November 2019.

Ketika didesak mengenai waktu pendaftaran, Gibran mengaku masih menunggu komunikasi dengan pimpinan DPD PDIP Jawa Tengah untuk menentukan jadwal pendaftaran. Selain itu, dia juga mengaku telah menemui Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto, usai melakukan silaturahmi dengan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo beberapa waktu lalu. 

"Ini masih koordinasi dengan Pak Bambang Pacul (Bambang Wuryanto). Saya juga masih menunggu kabar (pendaftaran dibuka) karena belum mendapatkan informasi" akunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunggu Pasangan Pendamping

Sedangkan ketika disinggung mengenai calon pendampingnya, Gibran menegaskan bahwa pasangan yang akan mendampingi menjadi calon Wali Kota Solo merupakan keputusan partai. Dengan demikian, ia juga mengaku masih menunggu arahan dari pimpinan partai karena kebijakan tersebut merupakan kewenangan pimpinan partai.

"Pasangannya siapa itu juga menunggu keputusan partai. Saya ini tunduk pada keputusan partai, tunduk pada arahannya Ketua Umum PDIP, Ibu Megawati. Karena saya ini orang baru, menunggu arahan saja. Apa-apa saya harus konsultasi," ucapnya.

Langkah Gibran untuk menjadi calon wali kota dalam Pilwalkot Solo memang terhalang oleh keputusan DPC PDIP Solo yang telah menutup rapat pintu pendaftaran dan telah menentukan pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai pasangan calon Wali Kota Solo. Bahkan, berkas pendaftaran pasangan tersebut oleh Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo telah dibawa ke DPP PDIP untuk meminta rekomendasi partai.

Meski demikian, Gibran masib terus bergerilya untuk keuekuh maju menjadi calon Wali Kota Solo. Setelah menemui Ketua DPC PDIP Solo, ia juga menyambangi Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto. Tak berhenti di Jawa Tengah, suami Selvi Ananda itu juga sowan ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.