Sukses

Mantap, Temanggung Punya Hari Minum Kopi

Melalui surat edaran bupati bernomor 500/513/IX/2019, Kabupaten Temanggung menetapkan hari Jumat sebagai Hari Minum Kopi. Apa urgensinya?

Temanggung - Melalui surat edaran bupati bernomor 500/513/IX/2019, Kabupaten Temanggung menetapkan hari Jumat sebagai Hari Minum Kopi

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, Hari Minum Kopi penting ditetapkan karena kopi merupakan salah satu produk unggulan daerah dan sudah ditetapkan sebagai indeks geografis Kabupaten Temanggung.

Ia mengakui Temanggung dari dulu tidak mengenal tradisi menongkrong di warung kopi.  Namun ia mengatakan sebagai langkah mengembangkan produksi kopi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, konsumsi kopi asli Temanggung perlu ditingkatkan melalui promosi Festival Kopi Temanggung dan Hari Minum Kopi.

"Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menetapkan hari Jumat sebagai hari minum kopi di Kabupaten Temanggung. Sehubungan dengan hal ini disampaikan kepada seluruh instansi pemerintah, swasta di Kabupaten Temanggung, diimbau agar setiap hari Jumat menyajikan minuman kopi," katanya seperti dikutip Solopos.com, Jumat (27/9/2019).

Ia menuturkan kepada masyarakat juga diimbau agar pada setiap hari Jumat meminum kopi dan menyajikan kopi kepada para tamu. Agar konsumsi dan penyajiannya lebih konkret, maka harus menggunakan kopi asli dari Temanggung. Kampanye itu dikukuhkan pula dengan Festival Kopi Temanggung.

"Kami berharap setelah ini masyarakat Temanggung di mana-mana minum kopi sehingga petani kopi semakin sejahtera. Sekali lagi ini sarana promosi kopi Temanggung, juga untuk meningkatkan produksi sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan perajin kopi. Dengan ini kita bisa berbangga dengan kopi sendiri dari pada dibeli tengkulak dengan harga rendah lebih baik dikonsumsi sendiri," katanya.

Bupati Temanggung menyampaikan sekarang sudah ada sekitar 180 perajin kopi Temanggung dan ke depan diharapkan dari usaha ini kopi Temanggung tambah berjaya dan masyarakatnya sejahtera, maka perlu untuk lebih membumikan kopi Temanggung agar menjadi tuan di daerah sendiri.

Menurutnya, selama ini ada keluhan orang-orang dari luar daerah yang sudah mengagumi kopi Temanggung, tetapi saat berkunjung ke Temanggung tidak menemukan kedai-kedai kopi di setiap sudut kota sebagaimana bayangan mereka saat berkunjung ke sentra kopi. Hari Minum Kopi dan Festival Kopi Temanggung diharapkan mampu mendorong perluasan penjualannya.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.