Sukses

Mesin Sangrai Kopi Bertanda Tangan Kang Emil Laku Dilelang, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Bandung - Sebuah mesin roasting kopi lokal berhasil laku dilelang seharga Rp20 juta. Mesin sangrai kopi tersebut dibuat dalam edisi khusus lengkap dengan tandang tangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Lelang mesin kopi tersebut digelar di sela-sela acara peresmian Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Kota Bandung, Sabtu (22/6/2019).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil bertindak sebagai tamu undangan terlebih dulu memetik kopi yang telah disiapkan oleh panitia.

Tak sampai di situ, Emil juga sempat menyangrai biji kopi ke mesin lokal. Hasilnya, kopi seberat 100 gram dihasilkan dari proses sangrai yang dilakukan mantan Wali Kota Bandung itu.

Pihak panitia kemudian mengadakan lelang. Adalah mesin kopi WE X SUJI Mini Roaster 100 yang menjadi barang lelang dalam acara tersebut.

Mesin sangrai kopi rumahan berkapasitas maksimal 100 gram tersebut merupakan hasil kerjasama antara Wiliam Edison dan SUJI alias PT Pudak Scientific.

General Manager Coffee Business Pabrik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Daroe Handojo yang bertindak selaku juru lelang membuka harga Rp15 juta.

2 dari 2 halaman

Galang Dana Bangun Sekolah Teknisi Mesin Kopi

"Hasil lelang ini akan kami gunakan sebagai modal awal pendirian sekolah teknisi mesin kopi," kata Daroe.

Harga tawar mesin kopi edisi khusus tersebut mulai merangkak naik. Salah satu peminat sempat menawarkan harga Rp18,5 juta. Hingga akhirnya satu peminat mesin roasting mengajukan penawaran Rp20 juta.

Daroe selaku juru lelang pun memilih pelelang yang tidak lagi bisa ditandingi para pelelang lainnya. Orang yang mendapatkan mesin kopi rumahan itu ialah R. Yugian Leonardy.

Sebagai pemenang lelang, Yugian berhak mendapatkan mesin kopi beserta kopi yang telah disangrai Ridwan Kamil.

Mesin kopi WE X Suji Mini Roaster 100 merupakan edisi khusus yang dibuat Wiliam Edison dan SUJI. Wiliam merupakan ahli bisnis mesin sangrai kopi yang memulai debutnya di awal tahun 2012.

Sedangkan SUJI lebih banyak dikenal di kalangan industri kopi sebagai produsen pembuat peralatan seduh kopi dan teh yang materialnya terbuat dari kaca. Pabrik SUJI berada di kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Perusahaan di bawah naungan PT Pudak Scientific ini sudah lama dikenal sebagai penghasil alat-alat keperluan laboratorium dan kesehatan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suhu Dingin di Bandung Bikin Pengendara Motor Menggigil
Artikel Selanjutnya
Suhu di Bandung Terasa Lebih Dingin, Begini Penjelasan BMKG