Sukses

Upnormal Jadikan Kopi Lokal Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Liputan6.com, Bandung Memasuki usia lima tahun, Upnormal telah menjadi tempat nongkrong hits generasi milennial di sejumlah kota besar di Indonesia. Tempat yang selama ini dikenal sebagai pelopor warung makan mi instan kekinian itu kini menghadirkan Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters yang beralamat di Jalan Cihampelas, Kota Bandung.

Pendiri Cita Rasa Prima (CRP) Group Sarita Sutedja mengatakan, berdirinya Paberik Kopi Upnormal bertujuan untuk mendukung perkembangan kopi asal Jawa Barat.

“Kami mendapatkan amanat untuk ikut ambil bagian dalam memajukan kopi di Jawa Barat. Kebetulan sekali, kami memiliki fasilitas untuk menggelar etalase kopi terbaik,” kata Sarita dalam acara peresmian Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Sabtu (22/6/2019).

Sarita mengungkapkan peresmian gerai kopi ini bertepatan dengan ulang tahun Upnormal yang ke-5. Pada kesempatan itu dia berterima kasih atas apresiasi dari rekan-rekannya yang setia mendukung upaya Upnormal.

“Upnormal ini berasal dari kedai super mini yang beralamat di Jalan Suci yang punya mimpi memiliki brand yang dengan setingkat dengan brand global,” ujar Sarita.

Saat ini perkembangan gerai Upnormal sudah mencapai 106 di 40 kota se-Indonesia. Pertumbuhan gerai tersebut tidak dipungkiri memerlukan fasilitas roastery, green bean storage, dan cupping room untuk melengkapi kebutuhan seluruh gerai Upnormal.

Di tempat ini, para pengunjung diharapkan mendapatkan pengalaman kopi yang menyeluruh, mulai dari edukasi bagaimana biji kopi diproses, sampai bisa dinikmati aroma dan rasanya.

Sarita menjelaskan, fasilitas roastery yang dimiliki Upnormal berkapasitas satu ton kopi sehari, dengan menggunakan mesin Probatone 25.

Selain itu, gerai ini juga menghadirkan 10 jenis Kopi Jawa Barat terbaik yang telah diproses seleksi bersama Tim Kopi Development Upnormal.

“Di sini, pengunjung bisa merasakan coffee experience, yang dimulai dari memilih biji kopi yang diinginkan, me-roasting, hingga brewing sebagai bentuk edukasi kepada konsumen untuk mendukung kemajuan kopi Jawa Barat dari hulu ke hilir,” katanya.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Pamor Kopi Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turut menghadiri acara peresmian tersebut. Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku kehadiran Paberik Kopi Upnormal menjadi sebuah jawaban atas tantangan industri kopi yang bergerak di bidang ritel.

“Ini adalah sebuah jawaban dari tantangan saya agar industri kafe di Jawa Barat ini memaksimalkan penggunaan kopi Jawa Barat. Kopi Jawa Barat ini sangat banyak hanya butuh kekompakan koordinasi sehingga kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Emil berharap, kafe-kafe di lainnya menggunakan kopi yang berasal dari Jawa Barat. Namun upaya untuk mendongkrak pamor kopi Jabar juga harus didukung dengan kerja sama berbagai pihak.

“Nah, kita kerja sama dengan Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) untuk memastikan karena untuk menghasilkan kopi terbaik itu butuh proses panjang. Mulai dari bibit, menanam , cara mengambil, roasting sampai kopi yang diminum. Maka harganya ada yang mulai dari Rp5 ribu sampai Rp50 ribu karena ada hal-hal tadi,” katanya.

Menurut Emil, hadirnya Paberik Kopi Upnormal diharapkan terus mendukung penggunaan kopi lokal.

“Kami yakin dengan hadirnya Paberik Kopi Upnormal mewakili industri swasta yang mendukung penggunaan kopi Jawa Barat itu akan menghasilkan industri kopi terbaik dan akhirnya nanti di seluruh dunia ingat kopi terbaik ingat kopi Jawa Barat sebagai tujuan akhirnya,” katanya.

Simak video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kedinginan di Bandung, Ini Penjelasan BMKG
Artikel Selanjutnya
Mesin Sangrai Kopi Bertanda Tangan Kang Emil Laku Dilelang, Berapa Harganya?