Sukses

Cerita Bahagia Ani Yudhoyono Saat Safari Terakhir Bersama SBY di Serambi Makkah

Perempuan yang memiliki nama lengkap Kristiani Herrawati itu tampak anggun mengenakan jilbab serta baju berwarna midnight blue. Kala itu, Ibu Ani terlihat bahagia berpose bersama suami dan anaknya.

Liputan6.com, Aceh - Ani Yudhoyono sempat melawat ke Serambi Makkah bersama keluarga akhir Januari 2019 lalu. Lawatan itu dilakukan sebelum Ani dirawat di rumah sakit National University Hospital (NUH) Singapura. 

Ani saat itu mendampingi presiden ke-6 RI, SBY dalam rangkaian agenda 'SBY Tour de Toba-Seulawa'.

Ibu Ani Yudhoyono sempat berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman ditemani suami dan anaknya, Edhi Baskoro Yudhoyono sebelum bertolak ke Jakarta.

Sehari sebelumnya, Minggu (27/1/2019) SBY dan Ibas sudah berkunjung ke masjid kebanggaan Aceh itu untuk melaksanakan salat zuhur berjemaah. Namun, Ani tak ikut bersama mereka.

Karena itu, ia meminta SBY dan Ibas menemaninya ke Masjid Raya Baiturrahman sebelum kembali ke Ibu Kota, Senin (28/1/2019).

Perempuan yang memiliki nama lengkap Kristiani Herrawati itu tampak anggun mengenakan jilbab serta baju berwarna midnight blue. Kala itu, Ibu Ani terlihat bahagia berpose bersama suami dan anaknya.

Ketiganya dengan senang hati melayani warga yang meminta foto bersama. Dan itu adalah safari terakhirnya bersama sang suami, SBY.

Ibu Ani Yudhoyono mengembuskan nafas terakhir pada usianya yang ke-66 pada pada Sabtu, 1 Juni 2019, sekitar pukul 11.50 waktu Singapura. Ani Yudhoyono berpulang tepat di hari lahirnya Pancasila.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa dari Aceh

Kedatangan Ani bersama keluarga ke Aceh pada akhir Januari lalu kiranya masih membekas diingatan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Menurut Nova, sang ibu negara terlihat sangat ceria saat itu.

"Selama sepekan sebelum dirawat Bu Ani menemani safari politik Pak SBY di Aceh," terang Nova, dalam keterangan resmi diterima Liputan6.com, Minggu malam (2/6/2019).

Ani menemani SBY mengunjungi 22 dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Ia penuh semangat menyapa masyarakat di seluruh pelosok di Serambi Makkah kala itu.

"Masyarakat Aceh berduka. Beliau merupakan ibu negara yang sangat ramah. Kita semua di Aceh mendoakan Ibu Ani menjadi ahli surga dan keluarga diberikan kesabaran oleh Allah," ucap Nova.

Duka yang sama juga terlihat di Kabupaten Aceh Barat. Umat Islam di kabupaten itu menggelar salat gaib berjemaah untuk alrmarhumah.

Salat gaib dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh pada Sabtu malam diikuti ratusan warga. Tidak sedikit yang menitikkan air mata.

"Entah, ya. Tapi, kayak merasa kehilangan sosok. Tapi, syukurlah. Ibu Ani itu meninggalnya di bulan baik," kata salah seorang warga kepada Liputan6.com, Sabtu malam.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.