Sukses

Cek Layanan Spesial Kereta Angkutan Lebaran 2019

Liputan6.com, Purwokerto - Kereta api kini semakin populer sebagai moda transportasi massal. Terbukti dari tingginya minat masyarakat memesan tiket kereta mudik lebaran tahun 2019 ini.

Bahkan, mulai dari H-7 dan seterusnya telah habis dipesan. Pada arus balik, jadwal keberangkatan H2+2 dan H2+3 lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota.

Tingginya minat masyarakat itu direspon oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan mengoperasikan 50 kereta tambahan pada masa angkutan lebaran 2019 mendatang. Kereta tambahan ini berkapasitas sebanyak 29.456 kursi penumpang per hari.

"Jumlah tersebut meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan," kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, Jumat 25 Mei 2019.

KAI menambah KA-KA dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat di antaranya adalah dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

"Kami terus menerus meningkatkan pelayanan dengan menambah kereta tambahan pada angkutan Lebaran 2019 tanpa mengurangi kenyamanan penumpang," ujarnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan ada empat kereta tambahan pemberangkatan wilayah Daop 5 Purwokerto, meliputi Kutojaya Selatan Lebaran, Kiaracondong-Kutoarjo, Kutojaya Utara Tambahan jurusan Pasar Senen-Kutoarjo PP, Purwojaya Lebaran jususan Gambir-Cilacap, serta Sawunggalih Lebaran, jurusan Pasar Senen-Kutoarjo. "Total 5.208 seat per hari," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Layanan Kereta Angkutan Lebaran 2019

 

Selain kereta tambahan pemberangkatan Purwokerto, ada pula sembilan kereta tambahan lebaran yang melintas di wilayah Purwokerto. Kereta tersebut yakni, Argo Dwipangga Fakultatif (Fak) jurusan Solo-Gambir, Argo Lawu Fak, Gambir-Solo.

Kemudian, Kereta Api Gajayana Lebaran (Leb), Gambir-Malang pp, Lodaya Leb, Bandung-Solo pp, Mataram, Pasar Senen-Lempuyangan pp, Pasundan Leb, Kiaracondong -Surabaya Gubeng pp, Taksaka Malam Leb, Gambir-Yogyakarta pp, Taksaka Pagi Leb, Yogyakarta-Gambir pp.

"Total seat KA KA tambahan lebaran lewat Daop 5 sebanyak 9.432 seat," dia menjelaskan.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA selama masa angkutan Lebaran, KAI kembali menggelar program pembagian takjil gratis kepada penumpang di stasiun-stasiun besar dan buka sahur gratis kepada seluruh penumpang KA kecuali KA Lokal. Kegiatan ini berlangsung pada sepuluh hari terakhir di bulan puasa.

Tahun lalu pembagian hidangan puasa ini berjalan sukses dan menuai tanggapan positif dari penumpang. Sebab itu, KAI melanjutkan program ini agar penumpang tak perlu repot mencari atau menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur saat sedang dalam perjalanan.

KAI akan membuka posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di kereta dan stasiun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
2.000 Bangunan Kena Gusur Proyek Rel Ganda Bogor-Sukabumi
Artikel Selanjutnya
Ingin Dapat Diskon Tiket Kereta Api? Ini Caranya