Sukses

Cara Praktis Melamar Kerja di Job Fair Cirebon

Teknologi memudahkan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari salah satunya melamar pekerjaan melalui perangkat digital

Liputan6.com, Cirebon - Puluhan perusahaan tengah menyeleksi calon pekerja dal Job Fair 2019 yang digelar di Cirebon. Tercatat sebanyak 2548 formasi lowongan kerja di Cirebon baik di dalam negeri dan luar negeri. Job Fair Cirebon 2019 ini juga diikuti sekitar 30 perusahaan baik swasta maupun BUMN.

"Ada juga BNP2TKI ikut job fair kami tahun ini berbeda dengan job fair sebelumnya," kata Kepala Disnakertrans Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, Selasa (26/3/2019).

Dia mengatakan, dalam Job Fair Cirebon tahun ini, Disnakertrans memberi sentuhan teknologi. Pencari kerja yang hadir di kegiatan tersebut tak perlu repot membawa tumpukan berkas lamaran.

Disnakertrans Kota Cirebon menyiapkan satu booth untuk membantu peserta job fair melamar dengan cara online. Petugas Disnakertrans Kota Cirebon akan membantu memindai aplikasi lamaran dalam format digital.

"Perusahaan yang ikut pameran juga siap menerima aplikasi online yang diakses lewat kami. Jadi jika belum beruntung diterim kerja saat job fair kami bisa bantu masukkan aplikasi ke perusahaan lain sesuai keinginan dan kualifikasi," ujar dia

Dia mengatakan, untuk memasukkan aplikasi lamaran secara online, pelamar harus mengunduh aplinasi Cirebon Lunga. Peserta juga bisa langsung mengunjungi website www.disnakercirebonkota.go.id.

Setelah mengunjungi website, klik Cirebon Lunga untuk mencari perusahaan yang membuka lowongan kerja sesuai keinginan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Pelamar

"Cari perusahaan yang ikut pameraan kemudian aply daftar perusahaan yang buka lamaran. Ikuti petunjuknya mudah sekali," sebut dia.

Setelah mendapatkan perusahaan yang sesuai, peserta datang ke both Disnakertrans untuk meminta user name dan pasword. Setelah itu, peserta dapat mengunggah aplikasi lamaran format digital.

Dia mengatakan Job Fair Kota Cirebon 2019 bukan hanya ajang mencari lowongan pekerjaan. Melalui aplikasi tersebut, Disnakertrans Kota Cirebon akan lebih mudah mendata jumlah pencari kerja.

"Kedep an akan diberlakukan seperti itu jadi mungkin tidak perlu datang ke kantor hanya untuk mendapat kartu kuning pencari kerja," sebut dia.

Agus menyebutkan, pada kegiatan Job Fair 2019 ini, formasi lowongan beragam. Mulai dari operator, perbankan hingga magang ke luar negeri.

"Kalau tahun lalu kan kebanyakan sales marketing kami tidak ingin sama seperti tahun lalu," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.