Sukses

Banjir Sampai Kebakaran, Aceh Dirundung Bencana Seharian

Liputan6.com, Aceh - Sejumlah peristiwa memilukan terjadi di Aceh pada Kamis, (31/1/2019). Peristiwa yang tersebar di tiga kabupaten ini berupa bencana alam, kebakaran, hingga orang tenggelam.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), bencana banjir terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya, angin puting beliung di Aceh Tengah, dan orang tenggelam di Aceh Utara. Dari tiga peristiwa ini, hanya bencana angin puting beliung yang sudah teratasi.

Data yang diterima Liputan6.com, banjir terjadi di tiga kampung yang ada di Kecamatan Manggeng. Banjir melanda Kampung Sejahtera, Tokoh, dan Blang Manggeng.

"Hujan deras yang terus mengguyur wilayah tersebut sehingga menyebabkan meluapnya Krueng (sungai) Manggeng dan mengakibatkan terjadinya banjir," sebut Kepala BPBA, Ahmad Dadek kepada Liputan6.com, Kamis (31/1/2019).

Air sungai mulai meluap sekitar pukul 06.00 WIB. Petugas masih dalam proses mendata dampak material, pengungsi dan korban jiwa akibat peristiwa ini.

"Hingga saat ini, warga yang terkena banjir masih memilih untuk bertahan di rumah mereka masing-masing," lanjut Dadek.

Sementara itu, bencana angin puting beliung terjadi di Kampung Pestak, Kecamatan Bebesen. Dalam peristiwa ini, rumah milik Muklis (65) mengalami rusak ringan karena atapnya diempas angin.

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 14.00 WIB. Saat itu sedang gerimis ketika angin kencang datang tiba-tiba dan mengempas atap rumah korban.

Rumah tersebut dihuni oleh empat jiwa. Beruntung, tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa tersebut.

"Tim Reaksi Cepat BPBD Aceh Tengah bersama masyarakat sudah melakukan perbaikan rumah yang atapnya terbawa angin," ungkap Dadek.

Masih di Aceh Tengah, sebuah pabrik gula merah di Kecamatan Kute Panang terbakar pagi tadi. Kerugian material akibat perisiwa ini diperkirakan senilai Rp 20 juta.

Terakhir, seorang bocah berinisial MM tenggelam di Sungai Tanoh Jambo Aye, Aceh Utara. Korban terbawa arus saat menyeberangi sungai dengan menggunakan sampan bersama kakeknya.

Peristiwa nahas ini berawal saat korban melompat ke sungai berarus deras karena mengira air sungai dangkal. Saat itu, sekitar 4 meter lagi dia dan kakeknya mencapai tepian sungai.

"Korban langsung terbawa arus deras sungai," ungkap Dadek yang menambahkan, sejak pencarian dimulai sekira pukul 11.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB, jasad korban belum ditemukan.

"Tim BPBD, SAR, TNI/Polri, RAPI, dan dibantu masyarakat masih melakukan pencarian," ungkap Dadek.

Sementara, untuk diketahui, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat yang terjadi sejak Selasa, 29 Januari 2019 lalu, mulai teratasi. Petugas pemadam kebakaran terbantukan oleh hujan yang sempat mengguyur kabupaten tersebut.

Kebakaran hutan dan lahan ini sendiri menyebar di tiga titik, yakni, Kampung Leuhan, Lapang, dan Suak Raya. Meski tidak sempat menjadi bencana kabut asap seperti yang terjadi pada tahun 2017 lalu, namun, pagi tadi sejumlah pengendara terlihat mengenakan masker ketika melewati jalan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Sadis, Sopir Taksi Online Tewas Dikampak

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mengurai Benang Kusut Ratusan Bencana di Aceh Selama 2018