Sukses

Valentino Simanjuntak Ungkap Rahasia Sukses Jadi Pembawa Acara di EGTC 2018

Liputan6.com, Bandung - Ajang Emtek Goes To Campus (EGTC) 2018 hari terakhir di Kota Bandung diisi talkshow bersama presenter olah raga, Valentino Simanjuntak. Pria berdarah Batak Toba itu berbagi pengalamannya sebagai publik speaker di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Kamis (15/12/2018).

Pada awal talkshow, Valentino ditanya perjalanan kariernya menjadi seorang yang kerap tampil di dunia broadcasting. Bung 'Jebret' ini pun berkata bahwasannya ia adalah lulusan Fakultas Hukum Unpad.

Berkuliah pada 2000, pada suatu waktu ia menemani temannya yang mengikuti audisi broadcasting. "Dia ingin menjadi presenter berita," kata Valen, sapaan akrabnya di EGTC Bandung.

Kemudian, temannya mendapatkan program magang sebagai presenter. Sementara Valen setelah lulus kuliah malah bekerja di sebuah kantor hukum.

"Saya bekerja di kantor hukum selama dua tahun. Pada suatu waktu, saat lagi nongkrong ada kawan yang menawari ikut casting," katanya.

Sejak saat itu, minat pada bidang dunia penyiaran terus menggelora di dalam hatinya. Meski sebenarnya sejak masih kuliah, ia juga sempat mengikuti casting.

Usai bercerita karier, Valentino menyebut minatnya pada dunia penyiaran sejak lama hingga akhirnya sering tampil di depan publik.

"Sebenarnya tidak ada yang tiba-tiba, ada prosesnya. Apa yang gue jalanin sekarang adalah hasil dari keputusan kita di belakang. Berhenti kerja dari kantor hukum, saya tidak berhenti membangun jaringan. Coba siaran radio dan terus ada yang namanya passion," lanjut Valen.

Hal yang penting saat mengambil keputusan di dunia publik speaking menurut Valen adalah cara berpikir.

"Di dunia publik speaking, harus berpikir gua bisa bikin lalu dapat apa," kata pria yang kerap tampil membawakan acara olah raga dengan diksinya yang khas itu.

Setelah bergelut di bidang ini selama 18 tahun, Valentino sudah mengajar dan membuka kelas publik speaking. Menurutnya, kunci keberhasilan tidak ada yang instan.

"Pastikan ada proses yang mau dilewati. Pas nyobain presenter harus puas, harus mantap dulu baru coba yang lain," katanya di ajang EGTC.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Sutradara Film Milly & Mamet Berbagi Cerita Seru di EGTC 2018
Artikel Selanjutnya
Mahasiswi Undip Juara Lomba Presenter Berita EGTC 2018