Sukses

Harapan Mahfud Md, Generasi Milenial Pemutus Rantai Korupsi

Mahfud Md menghadiri seminar Indonesia Emas 2045 di Mata Millennials, dalam kegiatan itu Mahfud memberikan pesan-pesan kepada generasi milenial yang notabene merupakan calon pemimpin Indonesia pada tahun 2045.

Liputan6.com, Jakarta - Mohammad Mahfud MD menghadiri seminar Indonesia Emas 2045 di Mata Millennials. Kegiatan yang diinisiasi oleh MMD Initiative itu dilaksanakan di Universitas Al Azhar Indonesia, Jalan Sisingamangaraja, Rabu 7 November 2018 kemarin.

Seminar itu dihadiri sekitar 300 mahasiswa dari berbagai universitas. Kepada para generasi milenial itu Mahfud menjelaskan bahwa pada tahun 2045 mendatang, pemimpin Indonesia akan didominasi oleh generasi milenial. Selain generasi milenial ada pula generasi Z dan generasi Alpa yang juga harus dipersiapkan untuk kemajuan bangsa.

"Kalian harus mempersiapkan diri. Kalau saya ini, kan, generasi Baby Boomers, kalau generasi milenial itu genersi yang lahir tahun 1980 sampai 2000. Generasi Z itu yang lahir tahun 200 sampai 2010, dan generasi Alpa itu lahirnya setelah 2010 sampai sekarang," jelas Mahfud.

Mahfud menyebutkan Indonesia sebenarnya mempunyai segalanya untuk maju, mulai dari Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu, Indonesia harus dirawat dengan baik.

"SDA kita punya semua. Mulai dari emas, batu bara, hutan, ikan. Sekarang ini lagi populer, yaitu panas bumi yang dianggap akan menjadi alternatif utama energi baru di indonesia. Sekarang sudah banyak mulai diincar oleh negara-negara asing, itu yang kita punya," sebutnya.

Sayangnya saat ini, menurut Mahfud, meski Indonesia memiliki kekayaan geologis, demografis, dan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia tidak akan mengalami kemajuan, penyebabnya adalah karena adanya korupsi.

"Seandainya semuanya dikelola dengan baik dan benar maka setiap kepala di Indonesia ini dapat uang Rp 20 juta per kepala gratis dari kekayaan alam ini. Tapi sekarang nyatanya kita banyak utang karena perjalanan pemerintahan kita dalam beberapa puluh tahun terakhir ini digerogoti oleh korupsi," kata Mahfud.

Bukannya tak cinta akan Indonesia, hanya saja menurut Mahfud, kebanyakan pelaku korupsi itu dikalahkan oleh ketamakan pribadi setiap orang. Dan saat itulah ideologi para pelaku korupsi itu juga tergadaikan.

"Kita itu mempunyai problem moral sekarang. Kesetiaan kepada Republik itu kadangkala kalah dengan ketamakan pribadi setiap orang," ucapnya.

Kepada para peserta yang didominasi mahasiswa, Mahfud pun berpesan agar mereka setia kepada bangsa dan negara. Selain itu, Mahfud juga meminta agar generasi milenial bisa menjaga kedaulatan dan ideologi Indonesia.

"Ideologi pemersatu dan pembangun semangatnya, yaitu Pancasila itu, jangan dibuat ketawaan Pancasila itu. Itu sungguh ideologi kesaktian yang bisa membimbing kita membawa ke masa depan dengan baik sebagai bangsa dan negara tanpa harus merasa terganggu keimanan dan keyakinan masing-masing pemeluk agama," dia menandaskan.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.